Misteri Islamisasi Jawa (4)

Sunan Kalijogo

Semua orang di Indonesia, apalagi orang Islam, kenal dengan nama Sunan Kalijogo Yang kecilnya bemama Raden Mas Said ini. Dikatakan dia adalah putera Adipati Tuban Tumenggung Wilatikta atau Raden Sahur Yang beragama Islam. Silsilah Raden Sahur ke atas adalah putera Ario Tejo III (Islam), putera Ario Tejo II, putera Ario Tejo II(Hindu), putera Ario Tejo I, putera Ronggolawe, putera Ario Banyak Wide alias Ario Wiraraja, putera Adipati Ponorogo. Itulah asal usul Sunan Kalijogo Yang banyak ditulis dan diyakini orang, Yang sebenarnya merupakan versi Jawa. Dua versi lainnya tidak pernah ditulis atau atau tidak dijumpai dalam media cetak sehingga tidak diketahui masyarakat luas (Imron Abu Ammar, 1992). Di depan telah saya singgung bahwa kisah Sunan Kalijogo versi Jawa ini penuh dengan ceritera mistik. Sumber yang orisinil tentang kisah tersebut tidak tersedia. Ricklefs, sejarawan Inggris yang banyak meneliti sejarah Jawa, menyebutkan bahwa sebelum ada catatan bangsa Belanda memang tidak tersedia data yang dapat dipercaya tentang sejarah Jawa. Sejarah Jawa banyak bersumber dari cerita rakyat yang versinya banyak sekali. Mungkin cerita rakyat itu bersumber dari catatan atau cerita orang-orang yang pernah menjabat sebagai Juru Pamekas, lalu sedikit demi sedikit mengalami distorsi setelah melewati para pengagum atau penentangnya.

Namun demikian sebenarnya Sunan Kalijogo meninggalkan dua buah karya tulis, yang satu sudah lama beredar sehingga dikenal luas oleh masyarakat, yaitu Serat Dewo Ruci, sedang yang satu lagi belum dikenal luas, yaitu Suluk Linglung. Serat Dewo Ruci telah terkenal sebagai salah satu lakon wayang. Saya pertama kali melihat wayang dengan lakon Dewo Ruci pada waktu saya masih duduk di kelas 5 SR, di desa kalahiran ibu saya Pelempayung (Madiun) yang dimainkan oleh Ki dalang Marijan. Sunan Kalijogo sendiri sudah sering menggelar lakon yang sebenarnya merupakan kisah hidup yang diangan-angkan sendiri, setelah kurang puas dengan jawaban Sunan Mbonang atas pertanyaan yang diajukan. Sampai sekarang Serat Dewo Ruci merupakan kitab suci para penganut Kejawen, yang sebagian besar merupakan pengagum ajaran Syekh Siti Jenar yang fiktif tadi.

Kalau Serat Dewo Ruci diperbandingkan dengan Suluk Linglung, mungkin para penganut Serat Dewo Ruci akan kecelek. Mengapa demikian? Isi Suluk Linglung teryata hampir sama dengan isi Serat Dewo Ruci, dengan perbedaan sedikit namun fundamental. Di dalam Suluk Linglung Sunan Kalijogo telah menyinggung pentingnya orang untuk melakukan sholat dan puasa, sedang hal itu tidak ada sama sekali di dalam Serat Dewo Ruci. Kalau Serat Dewo Ruci telah lama beredar, Suluk Linglung baru mulai dikenal akhir-akhir ini saja. Naskah Suluk Linglung disimpan dalam bungkusan rapi oleh keturunan Sunan Kalijogo. Seorang pegawai Departemen Agama Kudus, Drs Chafid mendapat petunjuk ketika wind untuk mencari buku tersebut, dan ternyata disimpan oleh Ny Mursidi, keturunan Sunan Kalijogo ke-14. Buku tersebut ditulis di atas kulit kambing, oleh tangan Sunan Kalijogo sendiri menggunakan huruf Arab pegon berbahasa Jawa. Tahun 1992 buku diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Saat ini saya sedang membahas kedua buku itu, dan untuk sementara saya sangat bergembira karena menurut kesimpulan saya, menjelang wafat ternyata Sunan Kalijogo menjadi kaffah mengimani Islam. Sebelumnya Sunan Kalijogo tidak setia menjalankan syariat Islam, sehingga orang Jawa hanya meyakini bahwa yang dilakukan oleh Sunan terkenal ini bukan sholat lima waktu melain sholat da”im. Menurut usdatz Mustafa Ismail LC, da’im berarti terus-menerus. Jadi Sunan Kalijogo tidak sholat lima waktu melainkan sholat da’im dengan membaca Laa illaha ilalloh kapan saja dan di mana saja tanpa harus wudhu dan rukuk-sujud. Atas dasar itu untuk sementara saya membuat hipotesis bahwa Syekh Jenar sebenamya adalah Sunan Kalijogo. Hipotesis inilah yang akan saya tulis dan sekaligus saya gunakan untuk mengajak kaum muslimin Indonesia untuk tidak bertele-tele menyesatkan diri dalam ajaran Syekh Siti Jenar. Sayang, waktu saya masih banyak terampas untuk menyelesaikan buku-buku saya tentang kehutanan sehingga upaya saya untuk mengkaji dua buku tersebut tidak dapat berjalan lancar. Atas dasar itu pula saya menganggap bahwa diskusi tentang Syekh Siti Jenar, seperti yang dilakukan oleh Dr Abdul Munir Mulkhan ini, menjadi tidak mempunyai landasan yang kuat kalau tidak mengacu kedua buku karya Sunan Kalijogo tersebut.

Sebagai tambahan, pada waktu Sunan Kalijogo masih berjatidiri seperti tertulis di dalam Serat Dewo Ruci, murid-murid kinasih-nya berfaham manunggaling kawulo Gusti (seperti Sultan Hadiwidjojo, Pemanahan, Sunan Pandanaran, dan sebagainya), sedang setelah kaffah murid dengan tauhid murni, yaitu Joko Katong yang ditugaskan untuk mengislamkan Ponorogo. Joko Katong sendiri menurunkan tokoh-tokoh Islam daerah tersebut yang pengaruhnya amat luas sampai sekarang, termasuk Kyai Kasan Bestari (guru R Ng Ronggowarsito), Kyai Zarkasi (pendiri PS Gontor), dan mantan Presiden BJ Habibie termasuk Ny Ainun Habibie.

116 comments so far

  1. ingsun on

    sebenarnya sunan kalijogo melakukan itu semua bukan karena ia kaffah,tp ia menyadari bahwa tidak semua orang terpilih,dan islam untuk banyak orang dan tidak mungkin banyak orang terpilih.hanya orang2 terpilihlah yang tahu. hanya orang2 tertentu yg oleh sunan kalijogo diajari ilmu rahasia. islam itu untuk orang umum,bukan orang pilihan.itu dibuktikan dari murid2nya yg berfaham manunggaling kawulo gusti yang menurunkan raja2 jawa-islam.kalau bukan karena jasa mereka islam tak akan berkembang.mungkin seperti nasib al hallaj yang mati di tangah orang kaffah (ulama fikih)yang adl seorang pembunuh (Louis Masignon).Al Junayd : tujuanmu akan membawamu ke tiang gantungan. Al Hallaj : terima kasih guru anda telah memberkati saya (baca : Louis Masignon)

  2. abu ahmad on

    assalamu’alaikum Wr.wb
    kalau menurut saya kalian sama saja dengan wahabi itu, saling mengejek memfitnah dan saling menjatuhkan. katanya sama2 muslim?
    jika kalian merasa benar dg yg kalian amalkan saja karena kita hanya dikenai kewajiban sesuai pengetahuan dan kemampuan kita.
    wassalamu’alaikum Wr.wb

  3. anda on

    Nasrani adalah agamanya penjajah, agamanya orang2 kapitalis. Pangeran Diponegoro adalah orang Islam Bungkarno adalah orang Islam. Bung Hatta adalah orang Islam. mana kebanggaan penjajah yang nasrani. apakh Bush yang BUSHYEEEEEETTTTTTTTTT

  4. PAUS on

    Sebenarnya orang nasrani orang yang tidak tahu malu. lihat saja siapa yang menyuarakan kebebasan kalo tidak nasrani yang bangsat itu. Lihat adegan ciuman dalam telenovela kalo bukan nasrani bangsat terus siapa lagi???????????????

    • iksan dunia arsy on

      wah report bos,,, komennya menjauh dari makna blog ini

      tolong difilter please

  5. PAUS on

    Saya bertanya apakah Pangeran Diponegoro itu seorang teroris sementara Belanda itu orang yang harus di hormati. Lihat Bush yang dengan seenaknya menyerang Irak, Afghanistan, dll

  6. abu aisyah on

    wah… ini tempat apa yah…
    dari urlnya … ada ngajisalaf…
    kok coment2 sperti itu diposting…
    mas admin.. please

    Jawab:
    Afwan mas
    maklumlah kami tidak tiap hari online

  7. sejati on

    Artikel ini menarik sekali. Ini situsnya: http://religi.wordpress.com/2007/03/16/agama-langit-dan-agama-bumi/

    AGAMA LANGIT DAN AGAMA BUMI

    Ada berbagai cara menggolongkan agama-agama dunia. Ernst Trults seorang teolog Kristen menggolongkan agama-agama secara vertikal: pada lapisan paling bawah adalah agama-agama suku, pada lapisan kedua adalah agama hukum seperti agama Yahudi dan Islam; pada lapisan ketiga, paling atas adalah agama-agama pembebasan, yaitu Hindu, Buddha dan karena Ernst Trults adalah seorang Kristen, maka agama Kristen adalah puncak dari agama-agama pembebasan ini.

    Ram Swarup, seorang intelektual Hindu dalam bukunya; “Hindu View of Christianity and Islam” menggolongkan agama menjadi agama-agama kenabian (Yahudi, Kristen dan Islam) dan agama-agama spiritualitas Yoga (Hindu dan Buddha) dan mengatakan bahwa agama-agama kenabian bersifat legal dan dogmatik dan dangkal secara spiritual, penuh klaim kebenaran dan yang membawa konflik sepanjang sejarah. Sebaliknya agama-agama Spiritualitas Yoga kaya dan dalam secara spiritualitas dan membawa kedamaian.

    Ada yang menggolongkan agama-agama berdasarkan wilayah dimana agama-agama itu lahir, seperti agama Semitik atau rumpun Yahudi sekarang disebut juga Abrahamik (Yahudi, Kristen, dan Islam) dan agama-agama Timur (Hindu, Buddha, Jain, Sikh, Tao, Kong Hu Cu, Sinto).

    Ada pula yang menggolongkan agama sebagai agama langit (Yahudi, Kristen, dan Islam) dan agama bumi (Hindu, Buddha, dll.) Penggolongan ini paling disukai oleh orang-orang Kristen dan Islam, karena secara implisit mengandung makna tinggi rendah, yang satu datang dari langit, agama wahyu, buatan Tuhan, yang lain lahir di bumi, buatan manusia. Penggolongan ini akan dibahas secara singkat di bawah ini.

    Agama bumi dan agama langit.

    Dr. H.M. Rasjidi, dalam bab Ketiga bukunya “Empat Kuliyah Agama Islam Untuk Perguruan tinggi” membagi agama-agama ke dalam dua kategori besar, yaitu agama-agama alamiah dan agama-agama samawi. Agama alamiah adalah agama budaya, agama buatan manusia. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah agama Hindu dan Budha. Mengenai agama Hindu Rasjidi mengutip seorang teolog Kristen, Dr. Harun Hadiwiyono, Rektor Sekolah Tinggi Theologia “Duta Wacana” di Yogyakarta sebagai berikut:

    “Sebenarnya agama Hindu itu bukan agama dalam arti yang biasa. Agama Hindu sebenarnya adalah satu bidang keagamaan dan kebudayaan, yang meliputi jaman sejak kira-kira 1500 S.M hingga jaman sekarang. Dalam perjalanannya sepanjang abad-abad itu, agama Hindu berkembang sambil berobah dan terbagi-bagi, sehingga agama ini memiliki ciri yang bermacam-macam, yang oleh penganutnya kadang-kadang diutamakan, tetapi kadang-kadang tidak diindahkan sama sekali. Berhubung karena itu maka Govinda Das mengatakan bahwa agama Hindu itu sesungguhnya adalah satu proses antropologis, yang hanya karena nasib baik yang ironis saja diberi nama agama.” 1)

    Samawi artinya langit. Agama samawi adalah agama yang berasal dari Tuhan (yang duduk di kursinya di langit ketujuh, Sky god, kata Gore Vidal). Yang termasuk dalam kelompok ini adalah agama Yahudi, Kristen, dan Islam. Dalam bab Keempat dengan judul “Agama Islam adalah Agama Samawi Terakhir” Rasjidi dengan jelas menunjukkan atau menempatkan Islam sebagai puncak dari agama langit. Hal ini dapat dipahami karena Rasjidi bukan saja seorang guru besar tentang Islam, tetapi juga seorang Muslim yang saleh.

    Bahkan dengan doktrin mansukh, pembatalan, para teolog dan ahli fikih Islam mengklaim, Qur’an sebagai wahyu terakhir telah membatalkan kitab-kitab suci agama-agama sebelumnya (Torah dan Injil).

    Bila Tuhan yang diyakini oleh ketiga agama bersaudara ini adalah satu dan sama, pandangan para teolog Islam adalah logis. Tetapi disini timbul pertanyaan, apakah Tuhan menulis bukunya seperti seorang mahasiswa menulis thesis? Sedikit demi sedikit sesuai dengan informasi yang dikumpulkannya, melalui percobaan dan kesalahan, perbaikan, penambahan pengurangan, buku itu disusun dan disempurnakan secara perlahan-lahan?

    Tetapi ketiga agama ini tidak memuja Tuhan yang satu dan sama. Masing-masing Tuhan ketiga agama ini memiliki asal-usul yang berbeda dan karakter yang berbeda. Yahweh berasal dan ajudan dewa perang, yang kemungkinan berasal dari suku Midian, dan dijadikan satu-satunya Tuhan orang Israel oleh Musa. Jesus salah seorang dari Trinitas, adalah seorang pembaharu agama Yahudi yang diangkat menjadi Tuhan oleh para pendiri Kristen awal. Allah adalah dewa hujan yang setelah digabung dengan dewa-dewa lain orang Arab dijadikan satu-satunya tuhan orang Islam oleh Muhammad. Jadi Yahweh, Trinitas dan Allah adalah tuhan-tuhan yang dibuat manusia. 2) (Lihat Karen Amstrong: A History of God).

    Dan karakter dari masing-masing Tuhan itu sangat berbeda. Ketiganya memang Tuhan pencemburu, tetapi tingkat cemburu mereka berbeda. Yahweh adalah Tuhan pencemburu keras, gampang marah, dan suka menghukumi pengikutnya dengan kejam, tetapi juga suka ikut berperang bersama pengikutnya melawan orang-orang lain, seperti orang Mesir, Philistin dan Canaan. Jesus juga Tuhan pencemburu, tapi berpribadi lembut, ia memiliki banyak rasa kasih, tetapi juga mempunyai neraka yang kejam bagi orang-orang yang tidak percaya padanya. Allah lebih dekat karakternya dengan Yahweh, tetapi bila Yahweh tidak memiliki neraka yang kejam, Allah memilikinya. Di samping itu, bila Yahweh menganggap orang-orang Yahudi sebagai bangsa pilihannya, Allah menganggap orang-orang Yahudi adalah musuh yang paling dibencinya.

    Jadi jelaslah di langit-langit suci agama-agama rumpun Yahudi ini terdapat lima oknum Tuhan yang berbeda-beda, yaitu Yahweh, Trinitas (Roh Kudus, Allah Bapa dan Tuhan Anak atau Jesus) dan Allah Islam. Masing-masing dengan ribuan malaikat dan jinnya.

    Pengakuan terhadap Tuhan yang berbeda-beda tampaknya bisa menyelesaikan masalah soal pembatalan kitab-kitab atau agama-agama sebelumnya oleh agama-agama kemudian atau agama terakhir. Masing-masing Tuhan ini memang menurunkan wahyu yang berbeda, yang hanya berlaku bagi para pengikutnya saja. Satu ajaran atau satu kitab suci tidak perlu membatalkan kitab suci yang lain.

    Tetapi disini timbul masalah lagi. Bagaimana kedudukan bagian-bagian dari Perjanjian Lama yang diterima atau diambil oleh Perjanjian Baru? Bagaimana kedudukan bagian-bagian Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru yang terdapat di dalam Al-Qur’an? Apakah bagian-bagian itu dipinjam dari Tuhan yang satu oleh Tuhan yang lain, yang ada belakangan? Atau persamaan itu hanya kebetulan? Ataukah para penulis kitab-kitab yang belakangan meminjamnya dari penulis kitab-kitab terdahulu?

    Pembagian agama menjadi agama bumi dan agama langit, dari sudut pandang Hindu sebenarnya tidak menjadi masalah. Ini terkait dengan konsep ketuhanan dari masing-masing agama. Agama-agama Abrahamik atau Rumpun Yahudi (nama yang lebih tepat daripada “agama langit”) memandang Tuhan sebagai sosok berpribadi, seperti manusia, yang berdiam di langit (ke tujuh) duduk di atas kursinya, yang dipikul oleh para malaikat. Dari kursinya di langit itu Dia melakukan segala urusan, termasuk antara lain, tetapi tidak terbatas pada, mengatur terbit dan tenggelannya matahari, “menurunkan” wahyu dan lain sebagainya. Dari segi ini benarlah sebutan “agama langit” itu, karena ajarannya diturunkan oleh Tuhannya yang bermukim nun jauh di langit.

    Dalam pandangan agama Hindu, Tuhan bersifat panteistik, yang melingkupi ciptaan (imanen) dan sekaligus di luar ciptaannya (transenden). Menurut pandangan Hindu Tuhan tidak saja lebih besar dari ciptaannya, tetapi juga dekat dengan ciptaannya. Kalau Tuhan hanya ada di satu tempat di langit ketujuh, berarti Ia ada di satu noktah kecil di dalam ciptaannya. Oleh karena itu Dia tidak Mahabesar. Agak mirip dengan pengertian ini, di dalam agama Hindu, dikenal ajaran tentang Avatara, yaitu Tuhan yang menjelma menjadi mahluk, yang lahir dan hidup di bumi – seperti Rama dan Krishna – menyampaikan ajarannya di bumi langsung kepada manusia tanpa perantara.

    Dari segi ini, dikotomi agama langit dan agama bumi tidak ada masalah. Baru menjadi masalah ketika “truth claim” yang menyertai dikotomi ini. Bahwa agama langit lebih tinggi kedudukannya dari agama bumi; karena agama-agama langit sepenuhnya merupakan bikinan Tuhan, yang tentu saja lebih mulia, lebih benar dari agama-agama bumi yang hanya buatan manusia dan bahwa oleh karenanya kebenaran dan keselamatan hanya ada pada mereka. Sedangkan agama-agama lain di luar mereka adalah palsu dan sesat.

    Pandangan “supremasis” ini membawa serta sikap “triumpalis”, yaitu bahwa agama-agama yang memonopoli kebenaran Tuhan ini harus menjadikan setiap orang sebagai pengikutnya, menjadikan agamanya satu-satunya agama bagi seluruh umat manusia, dengan cara apapun. Di masa lalu “cara apapun” itu berarti kekerasan, perang, penaklukkan, penjarahan, pemerkosaan dan perbudakan atas nama agama.

    Masalah wahyu

    Apakah wahyu? Wahyu adalah kata-kata Tuhan yang disampaikan kepada umat manusia melalui perantara yang disebut nabi, rasul, prophet. Bagaimana proses penyampaian itu? Bisa disampaikan secara langsung, Tuhan langsung berbicara kepada para perantara itu, atau satu perantara lain, seorang malaikat menyampaikan kepada para nabi; atau melalui inspirasi kepada para penulis kitab suci. Demikian pendapat para pengikut agama-agama rumpun Yahudi.

    Benarkah kitab-kitab agama Yahudi, Kristen dan Islam, sepenuhnya merupakan wahyu Tuhan? Bila benar bahwa kitab-kitab ini sepenuhnya wahyu Tuhan, karena Tuhan Maha Tahu dan Maha Sempurna, maka kitab-kitab ini sepenuhnya sempurna bebas dari kesalahan sekecil apapun. Tetapi Studi kritis terhadap kitab-kitab suci agama-agama Abrahamik menemukan berbagai kesalahan, baik mengenai fakta yang diungkapkan, yang kemudian disebut ilmu pengetahun maupun tata bahasa. Berikut adalah beberapa contoh.

    Pertama, kesalahan mengenai fakta.

    Kitab-suci kitab-suci agama ini, menyatakan bumi ini datar seperti tikar, dan tidak stabil. Supaya bumi tidak goyang atau pergi ke sana kemari, Tuhan memasang tujuh gunung sebagai pasak. Kenyataannya bumi ini bulat seperti bola. Dan sekalipun ada banyak gunung, lebih dari tujuh, bumi tetap saja bergoyang, karena gempat.

    Kedua, kontradiksi-kontradiksi.

    Banyak terdapat kontradiksi-kontradiksi intra maupun antar kitab suci-kitab suci agama-agama ini. Satu contoh tentang anak Abraham yang dikorbankan sebagai bukti ketaatannya kepada Tuhan (Yahweh atau Allah). Bible mengatakan yang hendak dikorbankan adalah Isak, anak Abraham dengan Sarah, istrinya yang sesama Yahudi. Sedangkan Qur’an mengatakan bukan Isak, tetapi Ismail, anak Ibrahamin dengan Hagar, budak Ibrahim yang asal Mesir

    Contoh lain. Bible menganggap Jesus sebagai Tuhan (Putra), sedangkan Al-Qur’an menganggap Jesus (Isa) hanya sebagai nabi, dan bukan pula nabi terakhir yang menyempurnakan wahyu Tuhan.

    Ketiga, kesalahan struktur kalimat atau tata bahasa.

    Di dalam kitab-kitab suci ini terdapat doa-doa, kisah-kisah, berita-berita tentang kegiatan Tuhan, mirip seperti berita surat kabar, yang ditulis oleh seseorang (wartawan) atas seseorang yang lain (dari obyek berita, dalam hal ini Tuhan). Lalu ada kalimat yang merujuk Tuhan sebagai “Aku, Kami, Dia, atau nama-namanya sendiri, seperti Allah, Yahweh, dll”. Mengapa Tuhan menunjukkan diriNya dengan Dia, kata ganti ketiga? Kata-kata atau kalimat-kalimat pejoratif seperti Maha Adil, Maha Bijaksana, Maha Mengetahui ini pastilah dibuat oleh manusia, sebab mustahil rasanya Tuhan memuji-muji dirinya sendiri.

    Keempat, ajaran tentang kekerasan dan kebencian.

    Di dalam kitab-suci kitab-suci agama-agama langit ini banyak terdapat ajaran-ajaran tentang kebencian terhadap komunitas lain, baik karena kebangsaan maupun keyakinan. Di dalam Perjanjian Lama terdapat kebencian terhadap orang Mesir, Philistin, Canaan dll. Di dalam Perjanjian Baru terdapat ajaran kebencian terhadap orang Yahudi dan Roma. Di dalam Al-Qur’an terdapat ayat-ayat kebencian terhadap orang-orang Yahudi, Kristen dan pemeluk agama-agama lain yang dicap kafir secara sepihak. Pertanyaan atas soal ini, betulkah Tuhan menurunkan wahyu kebencian terhadap sekelompok orang yang memujanya dengan cara berbeda-beda, yang mungkin sama baiknya atau bahkan lebih baik secara spiritual? Bukankah akhirnya ajaran-ajaran kebencian ini menjadi sumber kekerasan sepanjang massa?

    Bagaimana mungkin Tuhan yang Maha Bijaksana, Maha Pengasih dan Penyayang menurunkan wahyu kebencian dan kekerasan semacam itu? Di dalam agama Hindu kebencian dan kekerasan adalah sifat-sifat para raksasa, asura dan daitya (demon, devil, atau syaitan).

    Di samping hal-hal tersebut di atas, agama-agama rumpun Yahudi banyak meminjam dogma dari agama-agama lain, bahkan dari komunitas yang mereka sebut penyembah berhala atau kafir. Dogma utama mereka tentang eskatologi seperti hari kiamat, kebangkitan tubuh dan pengadilan terakhir dipinjam oleh agama Yahudi dari agama Zoroaster Persia, lalu diteruskan kepada agama Kristen dan Islam. Legenda tentang penciptaan Adam dipinjam dari leganda tentang penciptaan Promotheus dalam agama Yunani kuno. Bagaimana mungkin tuhan agama langit meminjam ajaran dari agama-agama atau tradisi buatan manusia?

    Swami Dayananda Saraswati (1824-1883), pendiri Arya Samaj, sebuah gerakan pembaruan Hindu, dalam bukunya Satyarth Prakash (Cahaya Kebenaran) membahas Al Kitab dan AI-Qur’an masing-masing di dalam bab XI II dan XIV, dan sampai kepada kesimpulan yang negatif mengenai kedua kitab suci ini. Bahwa kedua kitab suci ini mengandung hal-hal yang patut dikutuk karena mengajarkan kekerasan, ketahyulan dan kesalahan. Ia meningkatkan penderitaan ras manusia dengan membuat manusia menjadi binatang buas, dan mengganggu kedamaian dunia dengan mempropagandakan perang dan dengan menanam bibit perselisihan.

    Apa yang dilakukan oleh Swami Dayananda Saraswati adalah kounter kritik terhadap agama lain atas penghinaan terhadap Hindu yang dilakukan sejak berabad-abad sebelumnya oleh para teolog dan penyebar agama lainnya.

    Kesimpulan.

    Tidak ada kriteria yang disepakati bersama di dalam penggolongan agama-agama. Setiap orang membuat kriterianya sendiri secara semena-mena untuk tujuan meninggikan agamanya dan merendahkan agama orang lain. Hal ini sangat kentara di dalam agama-agama missi yang agresif seperti Kristen dan Islam dimana segala sesuatu dimaksudkan sebagai senjata psikologis bagi upaya-upaya konversi dan proselitasi mereka.

    Di samping itu tidak ada saksi dan bukti untuk memverifikasi dan memfalsifikasi apakah isi suatu kitab suci betul-betul wahyu dari Tuhan atau bukan? Yang dapat dikaji secara obyektif adalah isi atau ajaran yang dikandung kitab suci-kitab suci itu apakah ia sesuai dengan dan mempromosikan nilai-nilai kemanusiaan, seperti cinta kasih, kesetiaan, ketabahan, rajin bekerja, kejujuran, kebaikan hati atau mengajarkan kebencian dan kekerasan?

    Penggolongan agama-agama menjadi agama langit dan agama bumi, jelas menunjukkan sikap arogansi, sikap merendahkan pihak lain, dan bahkan sikap kebencian yang akhirnya menimbulkan kekerasan bagi pihak yang dipandangnya sesat, menjijikan dan tidak bernilai. Di lain pihak penggolongan ini menimbulkan rasa tersinggung, kemarahan, dan akhirnya kebencian. Bila kebencian bertemu kebencian, hasilnya adalah kekerasan.

    Melihat berbagai cacat dari kitab suci-kitab suci mereka, khususnya ajarannya yang penuh kebencian dan kekerasan, maka isi kitab suci itu tidak datang dari Tuhan, tetapi dari manusia yang belum tercerahkan, apalagi Tuhan-Tuhan mereka adalah buatan manusia.

    Berdasarkan hal-hal tersebut di atas disarankan agar dikotomi agama langit dan agama bumi ini tidak dipergunakan di dalam baik buku pelajaran, wacana keagamaan maupun ilmiah. Dianjurkan agar dipergunakan istilah yang lebih netral, yaitu agama Abrahamik dan agama Timur.

    (Ngakan Putu Putra sebagaian bahan dari SATS ; “Semua Agama Tidak Sama” ).

    Catatan kaki:
    I). Prof . DR. H.M. Rasjidi : “Empat Kuliyah Agama Islam pada Perguruan Tinggi” penerbit Bulan Bintang, Jakarta, cetakan pertama, 1974. hal 10) H.M Rasjidi hal 53
    2). Lihat Karen Amstrong : A History of God
    3). Swami Dayananda Saraswati Satyarth Prakash (Light of Truth), hal 648.
    4). Ibid hal 720.

  8. g.adiwijaya on

    assalamualaikum wr. wb.
    sugeng dalu kanggem sedayo
    mas napa bapak nuwun sewu salut kanggem njenengan
    wonten hasil karyanipun, napa saget mbantu kula madosi serat wikukukilo

  9. novicaroko on

    assalamu’alaikum.
    mas, bisa bantu saya mendapatkan kopian serat deworuci?

  10. melur on

    assalamualaikum,

    maaf ya, mohon g.adiwirjaya hubungi saya melur94@gmail.com

  11. Kebenaran on

    Emang bener gue dukung tuh pernyataan PAUS,Saya bangga karena yang memerdekakan bangsa ini adalah orang-orang islam sejati, pejuang-pejuang sejati dengan pekikan Allahuakbar!!!. sementara orang Nasrani itu cuman penjajah, tidak tahu malu, mau menyuarakan kebebasan dinegara ini. Mereka tidak ada andil dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia, semua orang Nasrani pengikut kaum Penjajah yang tidak berperikemanusian itu. Pantaskah mereka (Nasrani) mengecap kemerdekaan ini… == UDAH SONO (KELAUT AJE)=== PAYAH NGGAK TAU MALU …

  12. my mind on

    islam agama yg suci yg cinta akn perdamaian d dunia ini, al-qur’an sbg kitab sc yg mennjukkn k arh yg bnr, muhammad Saw, nbi trakhr yg lmh lembt yg sll mendoakn umt manusia agr menymbh allah swt, krn it, islam agamaq!

  13. Dodi on

    x

  14. Dodi on

    Buat wahabi/salafi :

    Jangan kalian mengaku-ngaku ahlussunnah wal jamaah!
    Karena kalian cuma kelompok kecil yang merusak islam.

    Tanpa para wali yang mengajarkan ajaran islam di pulau jawa niscaya kamu sendiri tidak akan pernah kenal ajaran islam.

  15. muhamad jidin on

    Assa’kum, saya Muslim, jiwa yang liberal pikiran dand setelah banyak belajar dan ke ummrah ke Mekah, saya percaya bahwa Islam adalah rumpunnya Hindu.

  16. Sufyan on

    lo pada ribut islam tak mengajarkan tentang perbedaan tapi mengajarkan kasih sayang mau wahabi mau salafy menurut guwe sama yang penting pushul islamnya sama yang goblok itu yang lo lo yang mau ribut goblok…

  17. barat on

    hai mas2 yang baik hati AGAMA BUKANLAH MENJADI PENYEBAAB TAPI MANUSIANYA SENDIRI.
    JANGAN PERNAH MENYALAHKAN AGAMA.

    BAGAIMANA PERASAAN ANDA BILA SAYA KATAKAN MUSLIM ITU AGAMANYA TERORIS APAKAH ANDA SAKIT HATI ATAU TIDAK.
    JADI AGAM JANGANLAH DI PERDEBATKANNNNNNN
    TIDAK ADA SATU PUN AGAMA DI DUNIA INI YANG MENGAJARKAN UNTUK MEMBUNUH.BILA BENAR ANDA PEMELUK ISLAM SEJASTI ANDA TIDAK AKAN PERNAH MEMJELEKKAN AGAMA LAIN.

  18. GueSS on

    ho.oh ho.oh, kenapa sih pada nakalin agama laen?
    nggak boleh gitu dong anak mamee kan baek..
    ih ngomongnya pada kasar! jangan maen sama anak yang kayak gitu. IIIH! hati-hati mereka suka mengkambinghitamkan setan,iblis,dajjal sebagai tempat sampah dosa-dosanya sendiri.

  19. sejati on

    @ Barat,

    Justru manusianya tidak bersalah. Manusia menjadi keblinger dan menjadi buas karena pengaruh lingkungan & ajaran yang dia dapatkan.

  20. sejati on

    @ muhamad jidin,

    Islam bukan rumpun Hindu. Islam adalah rumpun Yahudi. Tuhanya sama-sama diciptakan di Timur Tengah.

    Sendangkan Hindu adalah agama Timur.

  21. Gue SI SOHIRIN on

    YA… SIIIN

    WONG CE LAT KA YA
    KU CHING… MI YAW MI YAW
    WA UNG… WOW WOW
    GAJAH CEBOL… E WA WAH.. E WA WAH

    CUP GALI CUP… CUP!

  22. Gue SI SOHIRIN on

    SI …….. ANAK NAKAL
    SUKA MENCURI MAKAN
    AYO LEKAS DITANGKAP! HAP!
    JANGAN DIBERI AMPUN

    si jendral KANCIL

  23. Gue SI SOHIRIN on

    HELI…
    KEMARI…
    AYO LARI-LARI…

    ora… (dudu) rojo1
    024(76)20701
    tidak seperti mencari jarum dalam jerami rek!

  24. Pancar SILA on

    Ketuhanan, Yang Maha Esa
    Kemanusiaan, si kaya yang dermawan
    Persatuan, ulama cendekiawan
    Kerakyatan, do’a orang fakir
    Keadila, ratu yang adil

  25. Pancar SILA on

    Ketuhanan, Yang Maha Esa
    Kemanusiaan, si kaya yang dermawan
    Persatuan, ulama cendekiawan
    Kerakyatan, do’a orang fakir
    Keadilan, ratu yang adil

  26. Pancar SILA on

    “sing sesat… men jarke wae sesat! ben dipangan gendruwo siluman!”

  27. Pancar SILA on

    NAK NUNG NUNG NAK NUNG NAK NUNG…

  28. GUA... SIAPA SIAPA SAJA on

    BU MI KU BI MA
    BI MA KU BU MI
    SU CI KU SHIN TA
    SHIN TA KU SU CI

    ini adalah perjalanan spiritual
    salah satu anak cucu adam
    yang berusaha mencari jati diri
    tidak ada yang istimewa
    hanya perjalanan seorang anak manusia
    mencari asma-asma yang dilalui
    dalam kehidupan sehari-hari
    semua agama yang dibawa orang suci
    adalah suci
    semua nama yang tertera di bumi
    adalah suci
    ucapan terima kasih kepada semua
    yang membantu dalam do’a.

    HA J1 SAM PUR NA
    HA J1 SA KU SU MA BI NA GA

    rukune iman nem wilangane…
    wong islam kudu anakoni…

    SA SAN TI
    JA YA JA YA WI JA YAN TI
    NIR ING SAM BI KA LA

    A M I N

    tan cep ka yun

    nang ning nung ning nang ning GUNG…

  29. GUA... SIAPA SIAPA SAJA on

    Kepada Yth.
    Bapak Rektor ISI Yogyakarta
    di tempat

    Dengan hormat,
    Sehubungan dengan skripsi yang sudah saya ajukan 7 tahun lalu, saya ingin memberi kabar gembira bahwa saya sudah menyelesaikan skripsi yang sudah saya tulis.
    Saya berharap Bapak Rektor ISI Yogyakarta berkenan untuk memberikan ijasah secara langsung kepada ibu saya
    yang beralamat di
    saptamarga II / 169 kembangarum semarang

    hormat saya,
    Sohirin
    mahasiswa

  30. GUA... SIAPA SIAPA SAJA on

    heh ahlussunah wal jama’ah…
    aja kaya wong lali yo…

  31. Aku malu menjadi moeslim on

    Kenapa ulah orang moeslim begini? Bacalah artikel ini:

    http://ob.or.id/modules.php?name=News&file=article&sid=221

    Terima kasih

  32. GUA... SIAPA SIAPA SAJA on

    Memory 010602

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Waktu terus berjalan… apa? …mengapa? …seakan berlalu tanpa makna.
    Ingin diriku mendapatkan jawaban dari semua pertanyaan yang selama ini melekat menjadi bayangan. Ya Tuhan… turunkanlah kebijaksanaan-Mu.
    Pada dirimu, aku ingin bertanya pada lukisan hidup sebuah “Asma Suci” yang semoga menjadi jembatan… yang dapat menjelaskan apa yang aku rasakan.

    Wahai “Asma Suci” yang menghidupkan segala kehidupan…
    Wahai “Asma Suci” yang bersemayam dalam kehidupan sebuah hati manusia…
    Wahai “Asma Suci” yang terpancar dari kemilau mutiara kalam yang menggetarkan dada…
    Wahai “Asma Suci” yang terlukis dengan cahaya dan bening air mata pemancar warna-warni keindahan…

    Apakah yang membelenggu jiwa ini dengan sangat kuat? …sangat halus dan terlalu halus sehingga aku tak mampu menterjemahkan. Ketika jiwa ini semakin berontak, semakin sulit bergerak. Aku terpasung dalam diam ditengah putaran.

    Begitu berat menjaga sebuah kata… apalagi yang akan kukatakan… semakin sulit aku bicara.

    Ya.. Allah, aku mohon pada-Mu untuk menjadi jembatan perantara… agar aku mampu melewati jurang yang sangat dalam. Tak mampu aku lewati tanpa pertolongan-Mu. Aku mohon sebuah jawaban.

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  33. GUA... SIAPA SIAPA SAJA on

    mentahan!
    budi luhur / kopamilet 13 / cs besi beton sni terbaik karena mutu / GM tractors / young executive / kurha kiki / b-wel / san diego hoek 02154350000 / kasih setiaNYA / bunga di tepi jalan / biaselah basaleroNYA!!! / pandu jaya 22 gajah mungkur 88 / kangaroo / panteg kopling / rawa buaya / mbuya / mamah rindu menanti / wongdewek / cobra / handoyo / safety dulu baru fuluz / no ondo 2 macan kumbang / haluan / citra garden city / daan mogot city / kota dalam kota / tembaga mulia semanan / banteng perjuangan / bara kuda / boys stiel / bima suci / agung tailor / bakrie / km17.3/88 / no coment / titipan ilahi / gantharwa 41.989 41.011

  34. GUA... SIAPA SIAPA SAJA on

    usus toge tahu / ompol orok / group 4 security / garuda wisnu kencana

  35. GUA... SIAPA SIAPA SAJA on

    ra ja ha na!
    bocah angon/merapi keraton segara

    alif lam lam ha
    alif/adam
    lam lam/alem-alem/song-song/99
    ha/hawa
    manusia/anak cucu adam pria/wanita
    siti kawah/siti hawa/siti hawak/rahim
    syurga/suwarga/kembali menyatu dalam kedamaian
    ramadhan/ora madani sing gawe urip

    rajah jawa ya rajah telu
    solo 3 (makmur,haram,maqdis)
    masjidil aqsa/masjid hingakasa
    sidratul muntaha/bibit manusia (ibu muntah2)
    ibu pertiwi/ibu para putra-putri siwi
    siwi/anak/siwiwi/malaikat menembus angkasa
    mekah/mbegogok-mekakah(ibu menunggu)
    madina/beragamalah/sehari-hari

    bulaksumur alon-alon sewon
    merapi keraton segara
    semarang magelang jogja
    jakarta joglosemar surabaya
    wali-wali/gunung-gunung/siti hinggil
    arab asia(belajar ke negri cina) amrika
    haji SAM purna

  36. ALONER on

    berawal..
    dari dimensi tanpa dimensi.. dari wujud tanpa wujud
    KUN FAYAKUN
    gema kalamullah.. menggetarkan dimensi sunyi
    menimbulkan arus perputaran.. kabut tersamar
    cahaya mengkristal bertebaran mengelilingi pusat kalam
    LAA ILAAHA ILLALLAH
    menghujam bertubi-tubi.. dalam dada tiap makhluk
    menimbulkan tangis.. bumi dengan langit
    memasuki rongga-rongga.. antara dua dunia
    menitiskan isbat.. kehadiran kehidupan
    berjalan meniti.. garis edaran
    menyatukan dua alam.. diikat kasih asmara suci
    menumbuhkan benih.. biji pengisi kekosongan
    menggelar kisah-kisah kehidupan
    cerita tangis dan tawa.. sedih dan gembira
    dalam panggung dunia.. kesementaraan
    berjalan dalam kepayahan.. dengan selalu memohon
    kekuatan.. Yang Maha Pencipta Agung
    agar memahami sabab-musabab.. Sunatullah
    agar dapat kembali..
    kehadirat pemegang tertinggi..
    Sang Maha Pentahta Titah-Titah Hidup
    dalam hakikat kehidupan yang selalu berputar
    dengan harapan..
    untuk dapat mencapai..
    Kedamaian dan Ketentraman..
    Seutuh-utuhnya
    A – A “Insya Allah”

  37. Tuhan, Asli atau Palsu? on
  38. GueSS on

    heh..
    kunjungi “pakdenono” ya!
    orangnya baik hati dan tidak sombong 8361CU!

  39. GueSS on

    TRI BAWANA LAYANG JAGAT
    KOL BUNTET
    KOL BUNTET
    KOL BUNTET
    hati-hati dengan”QUL”dan efek sampingnya

  40. GueSS on

    peringatan!!!
    y no your have
    only “King” line
    hanya u yg sdh hakekat
    pak sul jangan ngiri lagi ya..

  41. GueSS on

    astaghfirullah…
    hanya yang bijaksana
    yang sanggup memikulnya

  42. Gue Si Slamet on

    wassalamualaikum wr wb

  43. Maryam on

    kayak inpotainment yah? menyuarakan gibah, hihihi…

  44. B NYA- S "BIANG KOREK" on

    heh.. heh.. newseru di galeri isijogja..
    sing gambare punakawan
    liat coooy!

  45. D15 K0M V15 95 on

    coba deloken, kowe klebu wong opo?
    1. wong sing ORA JUJUR, wong sing nek ngentut terus nyalahke wong liyo.
    2. wong GOBLOG, wong sing ngampet ngentut nganti jam-jaman.
    3. wong sing jembar WAWASAN-e, wong sing ngerti kapan kudu ngentut.
    4. wong sing SENGSORO, wong sing pengin banget ngentut ning ora iso ngentut.
    5. wong sing “MISTERIUS”, wong sing nek ngentut, wong liyo ora ono sing ngerti.
    6. wong sing GUGUPAN, wong sing ujug-ujug nyetop entute nek pas lagi ngentut.
    7. wong sing PERCOYO awake dewe, wong sing ngiro nek entute dhewe ambune wangi.
    8. wong KEJEM (sadis), wong sing nek ngentut nang amben terus ngibaske spreine nang ambene koncone.
    9. wong sing ISINAN, wong sing nek ngentut ora muni ning terus rumangsa isin.
    10. wong sing STRATEGIS, wong sing nylamurke entute kanthi nguyu cekakakan.
    11. wong sing BODHO, wong sing nek bar ngentut terus ngunjal ambegan dienggo ngganti entute sing metu.
    12. wong CETHIL, wong sing nyandhangke entute (nek ngentut diencret thithik-thithik).
    13. wong SOMBONG, wong sing seneng ngambu entute dhewe.
    14. wong RAMAH, wong sing seneng ngambu entute wong liyo.
    15. wong sing ORA SENENG SRAWUNG, wong sing nek ngentut ndelik.
    16. wong “AKUATIK”, wong sing senenge ngentut nang njero banyu ben-e muni “blekuthuk-blekuthuk”
    17. wong sing “ATLETIS”, wong sing nek ngentut karo ngeden.
    18. wong JUJUR, wong sing ngakoni nek bar ngentut.
    19. wong PINTER, wong sing niteni ambune entut tonggone.
    20. wong SIAL, wong sing nek ngentut mesthi katutan AMPASE

  46. TRI BAWANA PUSER JAGAT on

    Jagat wayang (kabeh)
    Jagat karameyan (ka’bah)
    Jagat langit (baka)

  47. ALPATEKAH on

    1 Front
    2 Right
    3 Left
    4 Back
    5 Up
    6 Centre
    7 Down
    AMIN

  48. JALITENG on

    KAGUM KAPADHA
    SRI SULTAN
    “tujuh tahun begitu singkat, tujuh hari begitu lama.”

    KAGUM KAPADHA
    KASUNANAN
    “hamung kebo bule arane slamet”

    KAGUM KAPADHA
    BAPA’ PRESIDEN
    “ojo rebut balung tanpa isi, mung dikacung.”

    KAGUM KAPADHA
    JOYODININGRAT
    “tanah gupendam weke raja jawa, mung ora katulis.”

    KAGUM KAPADHA
    GUS DURRAHMAN
    “wis diculek yo isih melek.”

    KAGUM KAPADHA
    IBU MEGAWATI
    “bapak isih sayang kok.”

    KAGUM KAPADHA
    REKTOR UNIVERSITAS GAJAH MADA
    “yen ngamal yo sing ikhlas, politik pancen polahe pitik, dadi jago oleh rekor.”

    KAGUM KAPADHA
    BAPA’ SOEHARTO
    “becik ketitik ala ketara, bener.”

    KAGUM KAPADHA
    RAJA ARAB
    “sesuai dengan ketetapan yang berlaku.”

    KAGUM KAPADHA
    J. W. BUSH
    “my long beach is very beautyful.”

    KAGUM KAPADHA
    GAMBARI
    “sinau nggambar sing apik yo…”

    “Sajroning Gunung Laut Katon Balung KU WUK.”

    SUBUR MAKMUR GEMAH RIPAH LOH JINAWI
    PINARINGAN RAHAYU SLAMET SENTAUSA
    TATA TITI TENTREM KARTA RAHARJA
    LESTARI… LESTARI… LESTARI…
    RAHMATAN LIL ALAMIN
    LA HAULA WALA QUWWATA ILLA BILLAH
    SURADIRA JAYANINGRAT LEBUR DENING PANGASTUTI. AMIN.

  49. JALITENG on

    SING BECIK DADI TUNTUNAN
    SING KELIRU DADI PELAJARAN

  50. JALITENG on

    dari seribu satu julukan, panggil aku..
    JAK BAR I DIN di JAK ARTA
    alamat orang tuaku di saptamarga II / 169 Kembangarum SE MARang BARat
    silsilahku dari EYANG RITEM… RITME… METIR!!! di PURWO JATI

  51. JALITENG on

    heh.. heh.. heh..
    SOH1RIN SO.. Haj1
    Republik INdonesia

  52. JALITENG on

    masjid ISI ya masjid
    Al-Muhtar (muter) ya A BI MA WAS ya SULAIMAN

  53. JALITENG on

    KATAM SIji

  54. JALITENG on

    di dasar kehinaan yang paling rendah adalah kemuliaan yang paling tinggi

  55. JALITENG on

    orangpun datang dan akan kembali
    kehidupan kan jadi satu..
    dikehidupan yang kedua
    akan menjadi lebih indah..
    siapakah yang dapat melaksanakan
    sekarang berusaha mewujudkannya…
    cahaya cinta perlahan menyilaukan
    itulah mimpi kehidupan kedua
    mimpi itu dari mana datangnya..
    jawabnya ada di Ujung Langit
    ……………………..
    (SAN99AKU)

  56. B 1 JAK LAUT on

    46. B 1 JAK LAUT – November 26, 2007
    ngising sing ikhlas yo..
    yen wis setor.. digontor
    ya..

    binatu ‘money’ laundry
    BCA rek.3991249531
    “lusangasiroepasamalu1″

    soal-soal moral, omong
    keadilan.. sarapan
    pagiku “yo ben to!”

    NGK VX tenaga spontan
    “ga’ ada tandingannya”

    ngga’ ada loe ga’ rame..
    “oi! gantian dong!” dari
    ksatria bajaj hitam

  57. KSATRIA BAJAJ HITAM on

    THINK A HEART NOW!

  58. B 4 JUL DARAT on

    ALUGORO(H)ROMARONTOK

    H1 S4 H4 LAM H4 S1 H4
    HISA ALAM ASIH
    HISALAMA
    ISLAM
    H1 SELAM Extra Terestrial

    “ngesot-ngesot dah!”
    “angelia-angelia…”
    “yarabana-anabayar…”

  59. B 4 JUL DARAT on

    pok ame-ame belalang kupu-kupu
    siang makan nasi kalo malam minum susu
    susu kental manis dicampur klapa muda
    ……. jangan nangis ditinggal ibu kerja

    “ciluuup BHA…”
    “ayo renang! gaya katak? gaya kupu-kupu? gaya punggung? bebas lah”

  60. B 4 JUL DARAT on

    “KALUNG… MELATI… SEJATI”

    (nalikaning… sumerep Sastrajendrahayuningrat dados Sastrasumilakrahayuningrat…
    nanging… mboten angsal saestu-estu Pangestu sumerep… sumuruping…
    sanajan sampun winulang winarah ngereh-njlentreh
    pramila namung dilampahi kemawon
    ingkang sae-sae-sae)

    HA NA CA RA kawulanganINGSUN
    Inggih wonten-wonten cara-cara utawi ngelmunipun caritaning kawulanINGSUN

    DA TA SA WA lulusananINGSUN
    Ngadhepaken cathetan amalan leres punapa lepat ngantos kalulusanINGSUN

    PA DHA JA YA nyunyuwunanINGSUN
    Mugi-mugi inggih sami-sami pikantuk kamenangan panyuwunan kawulanINGSUN

    MA GA BA THA nguripananINGSUN
    Maruta… Agni… Bhumi… THOH utawi sari pati sipat sejati nguripi kawulanINGSUN

  61. B 4 JUL DARAT on

    C4 X ON & AC
    Tumpas panas dalan sampai asalnya

    War to KATA’
    “Ahmad akbar terseret in X”
    Ta’ngarang “I rin terkaya, Jas jul termiskin”

    I’m lost in… LANTAI
    Phuket (paket) sukhotai (soko tai) ayuthaya (ayu to yo) bangkok (bengkok) kanchanaburi (kencana bur 1) chiang mai chiang rai (ramai) pattaya (patah ya?)

  62. B 4 JUL DARAT on

    RAjah GAjah KApas seLAM JAgat WAyang
    (raga kalam jawa)

  63. B 4 JUL DARAT on

    laa haula walaa quwwata illaa billaah

  64. SASENITALA on

    TUHAN bersama orang-orang berani

  65. JAYABAYA on

    JI WA NU LI SA
    SA LI NA JI WA
    JI WA NA JA WI
    SE WU SA WI JI

  66. JAYABAYA on

    WILL = maasyaa’allaah

  67. KU WUK on

    ISI JOG JAKARTA = 151 = siJI liMA siJI = JIMAJI = Jumanji

  68. KU WUK on

    ENAK (.) maksudnya anekdot
    mat mat.. iki ono oleh-oleh kareasi bu si(sk/ks)a di dunia..
    tomat cabe kol.. kuwi mi kriting e e eMoh Amat..
    enak lho.. Bodho yen Gah temenan..
    ENYAK ENYAK ENYA…K

  69. KU WUK on

    W = cahya pancer sada lanang, bathok bolu isi madu

  70. KOL ERA on

    pada jaman dahulu ……. pernah turun di benua Eropa yang mengilhami penjelajahan dunia baru. ……. paling ditakuti manusia pada waktu itu. si apa? Kumandan?

  71. B 0 SS on

    kuman apa yang ditakuti? (kumandan)

  72. HIJAYA on

    ALIF ULFATA SHINTA
    BA BARAKATA BERKAH
    TA TAUBATA TOBAT
    TSA TSAWAABA PAHALA
    JIM JAMAALA BAGUSELOK
    HA HIKMATA ILMUHIKMAH
    KHA KHAIRA BUDIMAN
    DAL DALIILA AYATULLAH
    DZAL DZAKAA’A CERDIK
    RA RAHMATA WELASASIH
    ZA ZAKAATA ZAKAT
    SIN SA’AADATA BAHAGIA
    SYIN SYIFAA’A SEHAT
    SHAD SHIDQA KATABENAR
    DHAD DHIYAA’A LIHAT
    THA THARAAWATA BARU
    DHA DHAFRA KASIL
    AIN ILMA ILMU
    GHAIN GHINA RAJABRANA
    FA FALAAKHA SELAMET
    QOF QURBATA MARAHAWAK
    KAF KARAMATA KERAMAT
    LAM LUTHFA HALUS
    MIM MAU’IDHATA NASIHAT
    NUN NUURA CAHAYA
    WAWU WUSHLATA PANYAMBUNG
    HA HIDAYATA PUTUDUH
    LAMALIFA……… HALUSHINTA
    HAMZAH……… BADHAR
    YA YAQIINA YAKIN

  73. HIJAYA on

    ihwal NUN BA = na bini ba

    NUN = bulan bintang = nogososro sabuk inten = nogososro lintang bawono

    BA = tangising bumi kelawan langit (ruhulluh)lan getering langit kelawan bumi

  74. H 1 JAYA on

    ihwal ALIF LAM_LAM HA =
    kehalusan cinta (suci/murni) menembus jagat raya (alam semesta)

  75. SASTRAwiaSATRIAwasSARASwati on

    MEMORI010699

    HAKUHAKA

    RAHMAT ALLAH
    SABDA ALAM
    HALAMAN SAMASTA
    LUHUL MAKBUL

    TANAHAJI
    JIWAHADAMA
    SUCIHAWA

    HAJISAKA
    KANDILALADIN

    HONOCOROKU

    WUS… WUS… WUS… WUS…
    1221
    1001
    12345…
    LANGILANGI
    WENGIWANGI
    SILANGSILANG
    LINTANGWULAN
    GUMANTUNGAN
    CUMOLOROT
    PADHANGPADHANG
    BUMILANGIT

    KECEBONG RAYA

    BAGONGAWONMADU

    NGGODHONG

    BHALAWAYANGAN
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    ALLAHESASUCIHAKUHAMBAHINADINA

  76. SASTRAwiaSATRIAwasSARASwati on

    “GEDONGKIWO KIWO (mpu) 1001 OMAHE PAK MANDURO (suwung) AYO PADHA PETAKUMPETAN KABEH (ka’bah)”

  77. H 1 JA__BA__ on

    TINJAITUN

  78. eLANG aGENG on

    GARUDA PANCASILA
    AKULAH PENDUKUNGMU
    PATRIOT PROKLAMASI
    SEDIA BERKORBAN UNTUKMU
    PANCASILA DASAR NEGARA
    RAKYAT ADIL MAKMUR SENTOSA
    PRIBADI BANGSAKU
    AYO MAJU MAJU
    AYO MAJU MAJU
    AYO MAJU MAJU

  79. eLANG aGENG on

    kebul bungkus takon-takon… WIS SUMILAK?

  80. eLANG aGENG on

    RAJA-JAWA-WALI
    JALU-JALA-JALI
    hallahallahallaaah

  81. AD 4 DAJ on

    (diwaca ono-ono wae)

    Sluku-sluku bothok (kopet)
    Bothoké éla-élo (ngilo)
    Si romo(25) menyang solo(1) (masjidil aqsa/masjid akasa)
    Lèh-olèhé payung mutho (buto)
    Pak jentit lolo lobah (bandot)
    Wong mati ora obah (asu kerah)
    Yèn obah medèni bocah (kyai …….. = ningrat ning ratan)

    nyuwun pangapunten kagem tiyang ingkang pados ratu surakarta hingkang ageng inggih namung wontenipun inggih “SELO BIN TANA(H)”
    sorimekparameknyeknyekbaliwaenengmataram

  82. SOY JOY SOY BAR on

    his stories famous for thier urbane humor and unexpected reverse this ending (COLO UOMO “ill colore del uomo)

  83. Maryam on

    kayak inpo tai men yah? menyuarakan gabah, hihihi…
    kamera.. action!

  84. S.W.A.T on

    WHAT = …..
    WHO = …..
    WHEN = …..
    contoh : WILL = ma-asya alla-ah = ?

  85. S.W.A.T on

    | |
    NGELMU | | NGELMU
    LAKON | NGELMU NGAJI | MAYANG
    ________|____________________|________
    | A |
    T N | 11 1111 | N W
    R G | | G E
    I E | 22 1001 | E D
    T L | | L A
    I M | | M N
    S U | 33 99 | U G
    + | | +
    S B | | B S
    A A | 44 88 | A I
    R N | | N M
    I Y | 55 77 | Y A
    U | 66 | U
    ________|____________________|________
    | |
    NGELMU | NGELMU URIP | NGELMU
    KARANG | NDHOG + MINA | PETUNG
    | |

    * PARANG – PANDAN *

  86. S.W.A.T on

    | |
    NGELMU | | NGELMU
    LAKON | NGELMU NGAJI | MAYANG
    ________|____________________|________
    | A |
    T N | 11 1111 | N W
    R G | | G E
    I E | 22 1001 | E D
    T L | | L A
    I M | | M N
    S U | 33 99 | U G
    + | | +
    S B | | T S
    A A | 44 88 | A I
    R N | | N M
    I Y | 55 77 | D A
    U | 66 | U
    ________|____________________|__R______
    | |
    NGELMU | NGELMU URIP | NGELMU
    KARANG | NDHOG + MINA | PETUNG
    | |

    * PARANG – PANDAN *

  87. SULAIMAN on

    ngelmu ngaji = masjid ISI yo’ya’art a
    ngelmu lakon = seni pedalangan
    ngelmu banyu = seni pertunjukan
    ngelmu karang = seni rupa
    ngelmu urip = seni kehidupan masyarakat
    ngelmu petung = seni niteni
    ngelmu tandur = amat… sabar… soleh
    ngelmu mayang = seni media rekam

  88. JETAYUTANAJAWI on

    jika kau musuhi sesuatu maka sesuatu akan memusuhi kau
    jika kau mencintai sesuatu maka sesuatu akan mencintai kau
    bangsa Indonesia adalah bangsa yang ramah dan mencintai semua bangsa dan agama di seluruh dunia, kelak semua bangsa di dunia akan mencintai dan mengagumi Indonesia.

  89. PINTERKATROPUS on

    man robbuka? ma robbuka?
    sopo ibu pertiwi? opo ibu pertiwi?
    ono ngendi olehmu mangan ngombe?
    ono ngendi swarga iku?
    SUJUD!!!!!

  90. SEMAR PINTERCLAS on

    cling cling cling
    cling cling cling
    cling cling cling
    sambut gema rama|dan sinta yang lebih manis

  91. KEBUL BUNGKUS on

    pasukan ‘budrex’! maju… jalan!!!!!
    ‘betul’ mail! jangan anggap enteng!
    ‘betul’ biru! pokoknya… buas!
    ‘printer’ biru! sisi segala kenikmatan!
    ‘garuda’ pinter! nikmatnya… klasik

  92. B O CAH angalamon on

    terkarunia akal nurani… resapi rasa pikir
    berkelana relung jiwa… temukan jati diri
    menanam budi pekerti… bangun prinsip hidup
    amalkan nilai luhur… lahirkan kasih sayang
    tegakkan keadilan sejati… “pengemban keselamatan”

  93. B 2541 WC on

    blog sepi… yo wis aku siyem…
    yen nggoleki aku ana ing sapto argopuro (7 gerbang gunung)

  94. anak gaul on

    para peserta pengajian salaf jangan hanya diam dunk!
    kok seperti katak didalam tempurung

  95. anak gaul on

    si joko katong (joko klantung ‘kantong bolong’) sekarang sering ngisi pengajian di situs nurahmad.wordpress.com. ke sono yuk!

  96. asunn x deres on

    Semua orang di Indonesia, apalagi orang Islam, lom kenal dengan nama Sunan Kalideres Yang kecilnya bemama shao lin ini. Dikatakan dia adalah putera Asipati tu hanTu menggung Wil apik ta atau Raden Batur Yang beragama Islam.

  97. NGINTIP on

    skor skaters terhitung sejak tgl.07-12-07 s/d 18-12-07 sbb :
    juara 1 nurahmad = 4050
    juara 2 gantharwa = 2150
    juara 3 jayabaya = 1817
    juara harapan ngajisalaf = 174

  98. NGINTIP on

    “DAMAI DI BUMI.. DAMAI DI HATI”
    SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA
    SELAMAT HARI RAYA NATAL
    SELAMAT TAHUN BARU
    laluilah hari-hari dengan kegembiraan dan kebahagiaan walaupun masih serasa setetes air di padang pasir, setidaknya masih tumbuh rumput walaupun di kerasnya beton. seiring berjalannya waktu kita akan sampai ke syurga yang kita ciptakan bersama.

  99. NGINTIP on

    untuk selanjutnya… kreatiplah hawak-hawak!

  100. sutarno45 on

    catatan si boyo dalam kun ker
    di blog forum komunikasi islam ITB

    MENURUT GUE SIH CARA/METODE APAPUN IBADAH LO DAN DARI AGAMA MANAPUN YANG DIBAWA ORANG SUCI, KALO HATI MASIH KOTOR DAN MENYIMPAN PERMUSUHAN PADA SESAMA MAKHLUK ALLAH YANG HINA DAN TERKUTUK SEKALIPUN BERARTI BELUM SAMPAI PADA HAKEKAT YANG SESUNGGUHNYA SEBAGAI MANUSIA YANG MULIA DISISI ALLAH SWT

    tak akan pernah menemukan kesejatian diri sebagai manusia jika alam pikiran masih dibalik bayang-bayang orang lain (tipuan belaka). kalau benar-benar ingin berjumpa dengan ROBmu, tak ada yang lain selain “AKU” sendiri.

    MASIHKAH ENGKAU (DISIHIR/DIBODOHI) MENJADI PEMUJA ORANG-ORANG ARAB.
    bah! manusia bodoh dimanapun sama saja!!!

    kalo mo jadi SORODADU atau PION ya silakan saja, ntar makan tuh doktrin-doktrin penumpul akal budi pekerti, ujung-ujungnya ya jadi TUMBAL SIA-SIA. Elo orang mane? Nyasar?
    Tahu kagak lo yang disebut hantu siang bolong?
    ciri-cirinya nggak tampak mukanya/rata, nggak ada yang tahu “siapa yang bercadar rapat itu?”… alien kaleee…
    ntar kepleset jadi Forum KOM isi Tumpul Bego!

    GUE sih belajar dari cara si muhammad, tapi gue nggak mau tahu siapa tuh manusia yang bernama muhammad, salafy, wahaby dll. LEBIH BAIK JADI DIRI SENDIRI kan?

    BERPERANG MELAWAN PEMBODOHAN adalah JIHAD FISABILILLAH

    Saya lihat blog ini isinya dipenuhi dengan vonis, celaan dan hujatan membabi buta terhadap ulama dan kelompok yang pendapatnya berseberangan dengan pemilik blog ini.
    _________________________________________________
    he.. he.. berkelit/bersembunyi dibalik baju ulama entah siapa! Abu Jahal? Abu Lahab? yang fasih berbahasa arab?
    sadar nggak sih? kalau mau bercermin ya lihat reaksi orang lain.

    UUD’45
    Pembukaan
    Bahwa sesungguhnya Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri-kemanusiaan dan peri-keadilan.
    Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.
    Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.
    Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada
    Ketuhanan Yang Maha Esa,
    Kemanusiaan yang adil dan beradab,
    Persatuan Indonesia
    dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan,
    serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

    sutarno45 berkata,
    Januari 7, 2008 @ 4:59 am
    PAASUUKAAN LEBAAAH!!!
    TUGAS 1. MENCARI SARI_SARI MADU (ilmu pengetahuan) DARI BUNGA-BUNGA (ahli-ahli ilmu) YANG TUMBUH DI SELURUH DUNIA
    TUGAS 2. PERSEMBAHKAN YANG TERBAIK UNTUK IBU PERTIWI
    TUGAS 3. SERANG TUH KEPALA-KEPALA BATU!!!

  101. Ayob on

    Menurut gue manusia hidup menurut kodratnya masing. tidak ada yang bisa menolaknya.

  102. Khaled Elkasi on

    MUSUH AGAMA ISLAM ADALAH ALQUR’AN

    Kita mengetahui bahwa tujuan memeluk suatu agama (agama apapun) adalah untuk membuat umatnya menjadi teguh batiniah. Kuat tak tergoncangkan.

    Sedangkan Alqur’an merupakan musuh yang paling berbahaya terhadap agama Islam. Alqur’an membelenggu umat muslim supaya menjadi lemah, mudah diadu-domba dan mudah dihasut.

    Buktinya, umat muslim saat ini sangat lemah. Melihat kartoon Nabi Muhammad saja sudah bingung kesurupan. Melihat kepercayaan-kepercayaan lain juga umat muslim menjadi sakit. Umat muslim mudah diadu-domba sehingga mengeluarkan fatwa-fatwa bringas, merusak tempat-tempat ibadah umat yang beragama lain, sweeping, dan melakukan kekerasan-kekerasan ala jaman kegelapan.

    Semuanya itu adalah hasil dari penghayatan Alqur’an. Jadi Alqur’an sedang melemahkan dan merusak jiwa dan prilaku umat muslim.

  103. pramudyo on

    seorang muslim sejati takkan pernah ngeluarin kata 2 kotor yang menyakitkan perasaan orang lain.karna itu sangat bertentangan dengan ajaran islam.bahkan kanjeng nabi muhammad ketika beliau dilempari batu di ludahi,beliau tak pernah membalas.bahkan beliau malah mendoakan agar orang yang berbuat jahat diberi hidayah oleh Allah.
    sepeti yang sudah diketahui, bahwa didalam diri kanjeng nabi ada contoh yuang baik.
    sehingga sudah sepatutnya kuta mencontoh apa yang ada dalam diri kanjeng nabi.
    mengaku ummat kanjeng nabi muhammad tapi kelakuane engga berusaha mencontoh kelakuane kanjeng nabi, sama juga bohong.

  104. pramudyo on

    kata Khaled Elkasi;

    “Kita mengetahui bahwa tujuan memeluk suatu agama (agama apapun) adalah untuk membuat umatnya menjadi teguh batiniah. Kuat tak tergoncangkan.

    Sedangkan Alqur’an merupakan musuh yang paling berbahaya terhadap agama Islam. Alqur’an membelenggu umat muslim supaya menjadi lemah, mudah diadu-domba dan mudah dihasut.

    Buktinya, umat muslim saat ini sangat lemah. Melihat kartoon Nabi Muhammad saja sudah bingung kesurupan. Melihat kepercayaan-kepercayaan lain juga umat muslim menjadi sakit. Umat muslim mudah diadu-domba sehingga mengeluarkan fatwa-fatwa bringas, merusak tempat-tempat ibadah umat yang beragama lain, sweeping, dan melakukan kekerasan-kekerasan ala jaman kegelapan.

    Semuanya itu adalah hasil dari penghayatan Alqur’an. Jadi Alqur’an sedang melemahkan dan merusak jiwa dan prilaku umat muslim”,

    jika mas khaled adalah orang yang waras tentu takkan pernah mengeluarkan pernyataan diatas.kitab suci,(al qur’an )adalah wahyu allah yang turunkan untuk menuntun ummat manusia menjadi manusia yang berakhlaq mulia.karna di dalam al quran terdpat petunjuk yang benar.kalo ada manusia yang Umat muslim mudah diadu-domba sehingga mengeluarkan fatwa-fatwa bringas, merusak tempat-tempat ibadah umat yang beragama lain, sweeping, dan melakukan kekerasan-kekerasan ala jaman kegelapan, bukan karna quran.tapi lebih disebabkan karna pemahaman manusia yang belum bisa menerima kemuliaan quran.
    mas khaled juga manusia.seperti yang lainnya juga yang tak luput dari kesalahan.masih banyak orang orang yang tercerahkan karena qur’an.dan jika ada orang-orang sesat,itu karena pemahaman mereka akan ajaran islam(quran) sangat rendah.sesekali bacalah buku-buku orang orang barat yang nota bene bukan muslim,yaitu para orientalis, yang sangat getol melakukan penelitian tentang qur’an.secara obyektif mereka sangat mengagumi qur’an.tau ngga kenapa?itu karna otak mereka sangat waras.bisa menangkap keagungan quran.bisa menangkap keindahan bahasa yang menyusun ayat ayatnya.bisa menerima kedalaman makna yang dikandungnya.tidak seperti mereka-mereka yang kurang waras.yang menganggap secara subyektif bahwa quran adalah sumber provokasi bagi ummat islam.naudzubillah.tsumma naudzubillah.semoga mas khaled mendapat hidayah allah ta’ala.

  105. jojon on

    islam itu selamat, islam itu bukan agama, bukan kelompok, bukan aliran dan bukan organisasi

  106. PIL SEPET on

    PIL SEPET, di/pada Agustus 26th, 2008 pada 6:20 am Dikatakan:
    NGAYOGYAKARTA HADININGRAT

    Masjid Agung
    gambaran Hidung sebagai plawangan nafsu Mutma’inah

    Gedung Pangrawit
    sekarang Museum Sono Budoyo gambaran mata sebagai plawangan Nafsu Supiah

    Dalem Senopati
    Gambaran Telinga sebagai plawangan nafsu Amarah

    Pasar
    gambaran Mulut sebagai plawangan nafsu Lawamah

    Logistik
    Gambaran perut manusia sebagai gudang atau tempat menyimpan makanan keperluan di dalam praja (benteng keraton)

    Pulo Kenanga
    Secara filosofi sekarang lokasi pasar ngasem adalah sebuah kolam air yang mengelilingi yang merupakan simbol dari air ketuban dari rahim ibu, sedang pasar sebenarnya terletak diantara Tamansari dan Masjid Agung sehingga pasar ngasem sekarang diartikan sebagai perut (waduk) atau pencernaan (usus) dari tubuh manusia.

    Jejering punggung
    diartikan sebagai tegaknya perintah atau pemerintahan yang diwujudkan sebagai tempat bala tentara/kasatrian
    Komplek para Punggawa yang merupakan gambaran dari khaki tangan raja dalam memerintah kerajaannya

    Alun-alun Utara dan Selatan
    simbolis dari jagat Sonyaruri yang ditengahnya terdapat pohon sajatarul yakin sebagai perlambang dari tempat KUN dan SABDA yaitu asal dan tempat kembali dari segala kejadian atau makhluk.

    Siti Hinggil (Hendra Loka)
    Merupakan Pusat Perintahan sehari-hari dipimpin Perdana Menteri (Patih) sedang sang Raja hanya sesekali datang ke Siti hinggil

    Dalem Kasultanan (Guru Loka)
    simbolis dari Jeroan (jantung dan hati) merupakan tempat merenung Sultan/Raja dan kediaman keluarga Raja dengan dilayani para abdi dalem

    TAMANSARI
    simbolis dari JANALOKA atau BAITUL MAQDIS yang digambarkan sebagai reproduksi dan prosesi menitiskan wiji/janin yang akan menjadi INSAN KAMIL atau manusia sejati

    PIL SEPET, di/pada Agustus 26th, 2008 pada 6:26 am Dikatakan:
    Dalam kepercayaan masyarakat Jawa khususnya masyarakat Yogyakarta dikenal kekeramatan dari tiga tempat yang dimistikkan dan memiliki misteri (kerahasiaan) yaitu :

    Gunung Merapi
    digambarkan sebagai Siti (tanah) Hinggil (tinggi) atau tempat yang dimuliakan atau tempat keluarnya kalimat Sabda Bumi dimana kejadian-kejadian besar kemanusiaan atau gejolak negeri sering ditandai dengan meletusnya gunung tersebut.

    Keraton Mataram
    digambarkan sebagai kediaman Sang Sabda (Raja Jawa/babu tanah Jawi) atau tempat yang dikeramatkan dimana setiap orang diharuskan mematuhi tatacara kehidupan keraton seperti menanggalkan baju kemanusiaan (derajat dan kedudukan) dengan telanjang dada bagi laki-laki dan memakai kemben bagi perempuan untuk dapat memasuki kediaman Sang Sabda.

    Pantai Selatan
    digambarkan sebagai bersemayamnya Sang Ratu Pantai Selatan (keraton gaib) yang sebenarnya menggambarkan keluasan Rahasia Alam Semesta (arasy) yang didalam laut (langit) bertebaran mutiara yang berkilau (bintang-bintang) sebagai gambaran wahyu (kalimat hikmah) yang dapat dipetik oleh manusia mulia yang memiliki tanda-tanda kenabian/kepemimpinan (bocah angon).

    PIL SEPET, di/pada Agustus 26th, 2008 pada 6:27 am Dikatakan:
    “Ingsun anata ana sajeroning Betal Makmur, iku omah enggoning Parameyanigsun, jumeneng ana Sirahing Adam. Kang ana sajeroning sirah iku
    Dimak, yaiku Utek, kang ana ing antaraning utek iku manik, sajeroning manik iku budi, sajeroning budi iku nafsu, sajerone nafsu iku Suksma,
    sajerone Suksma iku Rahsa, sajerone rahsa iku Ingsun. Ora ana pengeran nanging Ingsun Dzat kang nglimputi kahanan jati.”

    “Ingsun anata ana sajeroning Betal Mukharam. Iku omah enggon Laranganingsun, jumeneng ana dhadhaning adam. Kang ana sajeroning
    dhadha iku ati, kang ana ing antaraning ati kiu jantung, sajeroning jantung iku budi, sajeroning budi iku jinem yaiku angen-angen, sajeroning
    angen-angen iku rahsa, sajeroning rahsa iku Ingsun. Ora ana pangeran anging Ingsun, dzat kang nglimputi kahanan jati.”

    “Ingsun anata ana sajeroning Betal Mukadas. Iku omah enggon Pasuceningsun, dumunung sajeroning Kontholing adam. Kang ana sajeroning
    Konthol iku Pringsilan, kang ana ing antaraning Pringsilan iku Nutfah, yaiku mani, sajeroning mani iku madi, sajeroning madi iku wadi, sajeroning
    wadi iku manikem, sajeroning manikem iku Rahsa, sajerone rahsa iku Ingsun. Ora ana pengeran nanging Ingsun Dzat kang nglimputi kahanan
    jati, jumeneng sajeroning Nukat Ghaib tumurun dadi Johar awal ing kono wahananing alam Akadiyat, Wahdat, Wakidiyat, alam Arwah, alam
    Misal, alam Ajezam, alam Insan Kamil, dadining manungsa kang sampurna yaiku sejatining sipatingsun.”

    (Hidayat Jati)

    PIL SEPET, di/pada Agustus 26th, 2008 pada 6:35 am Dikatakan:
    TAMANSARI

    Pasar Ngasem
    Lokasi pasar Ngasem secara umum digambarkan sebagai waduk (perut) atau organ pencernaan makanan dimana makanan masuk ke lambung kemudian dilumatkan dengan proses enzimisasi lalu memasuki usus untuk dapat diserap sari makanannya

    Situs Sumur Gumuling
    Secara fisik digambarkan sebagai tempat pertapaan (masjid) si jabang bayi didalam kandungan Rahim (kasih sayang) sang Ibu (bumi) selama 9 bulan dimana Situs Sumur Gumuling dan Pulo Kenanga menggambarkan bentuk kepala dan gembung si janin yang bertapa, terowongan sebagai plasenta dan waduk menggambarkan sebagai air ketuban (benteng yang kokoh).
    Secara mistik digambarkan sebagai sebagai pintu anak Adam menuju inti bumi (Siti Hawa) untuk dapat memasuki tempat asal dan kembalinya manusia (gaibnya alam semesta) dimana Sang Raja (pribadi) bertapa didalam Baitul Maqdis mencapai maqam (asal) Wiji Kodrat pada alam ajali abadi bertemu dengan Tuhan (muksa) dan kembali menjadi orang yang suci.

    Bangunan Segi Delapan
    Yang merupakan tanah lapang adalah tempat bertemuan Sang Sabda (Raja) untuk menyatakan kehendak menitiskan keturunannya pada para isterinya.

    Kolam segaran
    yang terdiri dari tiga buah kolam menggambarkanTri Murti (Tirta Kamandanu, Surya, Candra) sedangkan kolam segaran yang berada terpisah di bagian selatan digambarkan sebagai kolam Kal-Kausar untuk membersihkan segala kotoran sebelum memasuki menitiskan bakal/wiji manusia dalam keadaan suci dengan proses yang disakralkan.

    Pulo Cemeti
    Bangunan di tengah waduk dinamakan pulo Cemeti (halilintar) menggambarkan kejadian turunnya adam makdum yang menjadi adam makhluk ke bumi yang menimbulkan goncangan planet bumi (goro-goro) dan turunnya air dari langit sebagai awal datangnya kehidupan manusia di bumi.

    Jagat Alit
    Sang Wiji (sperma adam) berjalan menuju Sang Bumi (sel telur) dan terjadi pembuahan untuk menjadi bakal anak manusia.

    Jagat Agung (gedhe)
    Bintang berekor yang akan menabrak bumi (kiamat) merupakan gambaran dari kedatangan Adam (makhluk)
    Kedatangan manusia merupakan gambaran turunnya makhluk Adam (awal) dan akhir (kiamat/armageddon) makhluk sebelumnya (Adam purba)
    Gambaran Bumi ketika masih kosong disebut Siti (tanah), merupakan gambaran dari Siti Hawa (siti kawah)

    Terowongan
    Jalan memasuki Situs Sumur Gumuling dan Pulo Kenanga dari Situs Segaran melewati jalan bawah tanah (rahasia kehidupan) yang sepanjang jalan tersebut melewati 7 rumah/ventilasi udara yang menggambarkan si bakal manusia melewati 7 alam yaitu alam akadiyat, alam wahdat, alam wakidiyat, alam arwah, alam misal, alam ajesam dan alam insan kamil.

    Gedong Sekawan
    Yang berada didalam bangunan segi delapan adalah tempat berkumpulnya Rahsa (yang telah bercampur dengan kekuatan Tri Murti) dengan kehendak sang Sabda (Pangeran)

    malih-malih
    menawi wonten leresipun punika sanes leresing kawula manungsa
    menawi wonten lepatipun punika luputing kamanungsan kawula

  107. K 3 BO! on

    B 4 WOR – Agustus 28, 2008
    sepertinya untuk membuka rahasia pantai selatan ya … dipelajari ‘jalunya’ sendiri-sendiri… sampe BLANKontole…
    disitulah tempat keluarnya BLANKweeer ‘tirta kencana’
    kuluuuup BLANKentak cilup BHA…….. GHUOOONG!!!

    685. Nata Warga – Agustus 28, 2008
    Salam Mas B4wor..

    sebagian dari teman-teman disini sudah pernah kami paparkan secara pribadi maupun kelompok kecil tentang asal usul KRK.

    nah.. yang mau di bisikin, coba telinganya di dekatin ke kompi, dari terdengar deh bisikan, minimal suara kipas..

    Salam Sejati

    686. Jhuangkrik!!! H 1 NGUK! – Agustus 28, 2008
    kulupis kuntul bariiis
    kolobis kontol bariiis

    tu’ wa’ ga wuk
    tu’ wa’ ga wuk
    tu’ wa’ garuda wisnu kencana

    think a black sweet
    think a black box
    think a black hole

    687. K 5 SODO – Agustus 28, 2008
    “Ingsun anekseni satuhune ora ana Pangeran anging Ingsun (Allah)
    lan anekseni Ingsun satuhune (Nur) Muhammad iku utusan Ingsun (Allah).”

    688. TERBOYO – Agustus 28, 2008
    coba tebak bis apa yang akan lewat…?

    689. MANGKANG – Agustus 28, 2008
    gampaaang! mekangkang sik!
    BIS MILLAAHirrohmaanirrohiim

    690. K 3 BO! – Agustus 28, 2008
    para juriiit!!!
    rapetke barisan!!!

    ayo.. nyanyi lagunya mas Hadi bin Slamet yang berjudul Jendral Kancil atawa lagunya Vina pandu tentang yang ditungui 1001 malam
    atawa lagu apasaja terserah!!!

  108. Jagoan NEON on

    Jagoan NEON Berkata:
    Oktober 21, 2008 pada 10:12 am
    calam cmua muah! salam buat asep so..
    tidak percuma dong gwe niru muhammad yang ngaku/pura-pura umi(tidak tahu), bedanya gwe masih bisa makan sekolahan en belajar mengenal orang-orang hebat walaupun bukan bertitel nabi hihihi

    shalawat dan salamku
    untuk nabi ’salangkungan lan salangkungipun’
    untuk para khalifah bumi baik yang dikenal maupun tidak.

    gwe berusaha membuka pandangan sempit umat muhammad mengenai islam (jawa:slamet)/keselamatan ke arah yang universal, yang membumi, yang berusaha bisa menerima warna-warni dunia untuk kehidupan yang harmonis.
    jangan tertipu perbedaan nama baju/agama, tatacara, bahasa, kulit sehingga tidak berlaku adil dan merasa lebih tinggi/mulia dari yang lain.

    jika lo kira gwe bukan muslim bisa saja kuruntuhkan keramat tempat suci di bumi sehingga kunjunganmu ke mekah tak lebih dari sekedar ziarah/napak tilas sejarah.. tidak lebih. tapi itu tidak bijak. selama bertujuan untuk niatan yang baik silakan saja.

    kalau sifat nabi itu sidik(jujuk eh jujur) amanat(dipercaya) tablek(menyampaikan) patonah.. nah patonahnya (cerdik) ini kan kreativitas manusia!
    mosok kitab suci dari orang yang tidak sadar/kesambet Tuhan terus menerus?
    bodoh kok dipiara HAHAHA…

    http://mujahidahwanita.wordpress.com/2008/10/03/seperti-apakah-islam-kita/#comment-124

  109. Jagoan NEON on

    wawu ndombleh Berkata:
    Oktober 16, 2008 pada 9:43 am
    1 Front
    sebut asma Allah apa yang engkau jumpai dengan kasih sayang
    2 Right
    syukurilah baik buruk yang engkau terima yang pada hakikatnya dari Rabb sekalian alam
    3 Left
    semuanya adalah wujud kasih sayangNya
    4 Back
    hati-hatilah dengan apa yang kau perbuat/kau tinggalkan karena semua ada balasanNya.
    5 Up
    serasa tiada daya dan upaya.. hanya Allah tempat menyembah dan meminta.
    6 Centre
    tiada kata seindah do’a, tunjukilah kemanusiaan hambamu jalanMu
    7 Down
    Jalan yang Engkau ridhai

    http://pengembarajiwa.wordpress.com/2008/09/20/samudra-hakikat-al-qur%e2%80%99an/#comment-128

  110. wawu ndombleh on

    saharanun, di/pada September 25th, 2008 pada 1:38 am Dikatakan:
    Taubata Wushlata Hidayata Ulfata Nuura
    Taubat merangkai Petunjuk pada Cinta dan CahayaNYA

    maka selalu ada harapan
    maka selalu terbuka jalan
    mari kita hapus kata ‘tidak bisa’
    dari buku harian kita
    (B 1 MBO)

    bikin hidup lebih hidup kan? (Starmild)

    saharanun, di/pada September 25th, 2008 pada 5:33 am Dikatakan:
    heh si Alhamdi… nonton wae!
    kene rewangi nimbrung!
    wakakakakaka…..

    saharanun, di/pada September 26th, 2008 pada 4:18 am Dikatakan:

    .
    1
    5
    S
    S1
    H41
    R1N1
    5OR1N
    SOHIRIN
    SUNUWIN
    SASUHUNUN
    SAHARANUNA
    SOHIGHERINO
    SOHIGEGERINO
    SOCLEANRINSO
    SONGOGUNUNG
    SUNGUTCUILIK
    SEMUTSEMUT
    EMUTEMUT99
    SONGOSONGO
    SUNGIGUEGUE
    SUNOGODHONG
    SONGGOKUNO…
    DHUUOOONG!!!!!
    SUMAR S.W.A.T
    aliasaliasaliasalias
    SUMARSULAIMAN
    SALALLAHUWALLAHUALAMUTA’ALA
    ALLAHESASUCIHAKUHAMBAHINADINA
    TAKJUBTAKJUBTAKJUBTAKJUBTAKJUB

    HAKUHAKA

    HA MA BA SA HA YA HI NA
    DI NA DI DU NI YA NI YA
    MI SA KI NA PA PA PA PA
    HA PA HA PA HA PA HA PA
    DA DA BU BU SA HA SA HA
    RA RA NU NA NU NA NU NA
    SI SI KA KA WU LA WU LA
    LI LI TA TA LI TA LI TA
    SI SI WA WA RA SA RA SA
    TI TI TI TI TI TI TI TI

    HI SA TA NA KU HA NA YA
    HA NA YA DI HA TI HA TI
    SA MU DA RA KU HA NA YA
    HA NA YA DI HA TI HA TI
    HA RA PA NA KU HA NA YA
    HA NA YA DI HA TI HA TI
    NA GA LA MI MA HA YA TI

    HI NA SA YA HA
    HA LA LA HA HA

    saharanun, di/pada September 26th, 2008 pada 4:18 am Dikatakan:
    NGAMPET GENDHENG

    AMALAN “BADHEG” CENGENGESAN
     PESSS… dijajal sikik ambune… yen mambu yo…
    bloko wae utawa singsot-singsot!
     Ora singsot… konangan… dikeplak mak PELLUK!
     BRUUUT! Waaah jan cetha… BADHEG RAINE!
    (asingsingso…..)

    AMALAN “PUYUHAIRT” INGAKINGUK
     Oeeeooo… eeeooo… koyo blangwer
     Ngngng…k! gludhug-gludhug… waaah segera nih…
     Mblegedeeek… kwek-kwek… potlot kuluuup… wing class
     Cuuurrr… krucuk-krucuk… plong… hehehe…
     Byur-byur… bresssssssss… beres… tidak meninggalkan bau…
    Garasi ditutup malih nggiiih!? INGGIIIH!!!!!
    (jangan menggambar dijalanan ya…!)

    AMALAN “NGISING”
     Eng… Eng… Eng… Sajake-sajake……… ENG… ING… ENG…
     Enduuut-enduuut… WAAAH TENAN IKI…
     NGGAK KUWAAA…T itikitikitik… MLUAYUUU…
     123456789… STOP!!!!! NDONGA DHISIK KILAT GINSENG… Mlebu sikil…
     Rekarekane… Makani… banyak… SUWARGA…
    Crit-crit… Cret-cret… CROOOT!!! WAAAH MENCRET.
    BLODOK-BLODOK… PLUNG… BLUMMM!!! WAHHH… HMMM.
    (dilarang memperkosa …… mu!!!)

    AMALAN “BECIK”
    Sabecike turu-turu… becik.
    Sabecike melek-melek… becik.
    Sabecike tangi-tangi… becik.
    Sabecike lungguh-lungguh… becik.
    Sabecike ngadeg-ngadeg… becik.
    Sabecike lumaku-lumaku… becik.
    Sabecike becik-becik… BECIK!!!!!
    Sasasane sasa-sasa… SA.
    Sabebene bebe-bebe… BE.
    Sacikicike cikicik-cikitik… CIK.
    BHUEEE……CUIII……K!!!!!

    AJI “PENGIRITAN” ala GARENG
    Beras yen kemurahen… digawe tepung gareng… disimpen rapet.
    Lombok kemurahen… digawe gareng… digerus alus.
    Telo kakehan… digawe krupuk gareng… digoreng.
    Brambangbawang regane anjlog… digoreng gareng… disimpen rapet.
    …………………………………………………………………………………….dst.
    Golek panganan singora… adoh-adoh ora kurang-kurang waton enak, murah, sa’anane… maneh-maneh gaweane dhewe opo dulure opo tanggane opo… opo… opo… mangan bareng-bareng nyemedulur… akur tangga teparo… omong-omong ngudarasa… ngalor-ngidul ora krasa…
    gombal-gambul ora popo… seneng-susah-seneng podho-podho.

    AYO BADEG-BADEGAN YO…!
    (amboiku… amboimu… amboi kitaaa…)

     Super dom kethul silet biting opo? Ma’af tidak bisa untuk menjahit atau menembel… kathok kolor suwek.
    (pengawurang! Sedotan dinggo… opoyo?)
     Peci teles cap tes tes bul opo? Disuntik metu banyune… dibukak metu kukuse… dinggo pranti medang.
    (jan hmmm… tonjo… lho wis entek!)
     Warung mbok ratu dodolan klonthong opo? Pelayane akeh banget rebutan nyambut gawe… malah sing tuku bingung… njupuk dhewe wae… mbayare keri.
    (dodolan awehi sumbangan… simbok pancen apikan…cahyooo kok!)
     Dikokop sepisan huahahahaha opo? Ono luwak ngadeg ketok… huahahahaha… culun-culun-culun… mas-mas badhuuut… pelawaaak! Kathokan to!
    (daripada kademen je mas! balbul wae kene).
     Laut lemah ono praune kobong opo? Ayo podho mangkaaat… daripada meneng kademen… yen wis tekan kan ayem.
    (selanjutnya… terserah anda… hayo-hayo!)
     Iyub-iyuban ngisoringin…witebarjo opo? Bar dolanan kepanasan… awake ireng kringeten… sumuk yo? Lho sumuk kathoke?
    (ngathang-ngathangisorwit perek kemayusaru)
     Jam dinding amina opo? Lho kok mutere kuwalik mas? wong iki ngono soko kanane… kulakan neng ngarab kono kok… pancen koyo…
    (wah kok apik yo jame! tuku ah!).
     Warung gotong-gotong udhu rukun opo? Rokoke akeh… dodolan wae nang prapatan… lumayaaan kanggo penguripan anak bojo.
    (piye kang? payu akeh? bathi pira?)
     Parpol semen nang prapatan opo? Tak jentir lololo… ora obah, yen obah… wah medeni bocah, yen pailit golek dhuwit… yen waras golek tugas.
    (soap komandan!… eh siap bos!)
     Aji panglimunan kentara opo? Waswiswusweswos… clingilang! “rasah ngapusi… wong ketok kok” mantra ampuh wesewesewes… clingilang! “tetep wae kentara wee lha… dor!” aji pamungkas 1000 jangkah… tutupi sik mripate… 1.2..3… clingicling! “wahiyo… ora katon… nangendiyo…?”
    (hihihiyo… mlayu ngumpet? gerilya niyeee)
     Pager antik cap manuk bangjo opo? Model XT garudha muluzzz… betise… aduhai plototane mekar… seneng nyetir trek… mabur… sename nang klub binarangka… ngola-ngilo… sajake nggantheng.
    (ontosenontorejogatotkacasetyakiwisanggeni awake gempal-gempal)
     Ono suwargo kepeteg… neg opo? Isine huenak-enak tenan… gari tura-turu marga panggonane subur… opo-opo-ono…
    (terima kasih karo hingkangmaringi… tegesang wutuh!)
     Ono wong sugih kurang sandang opo? Nha ketok… mintip-mintip nha… rakathokan! klambine anake dinggo… saru to! Weee… dilokke wong sopan ora preduli… weee malah nyucur wek-wek plototi ingkunge wae.
    (berbudibhowobusono… wah ayu cak raningrat)
     Stempel cap jari-jari nakal opo? Awasss… penuh dengan sidik jari warna-warni belang-beling irung-ireng… dirubungi laler… ora gelem raupan.
    (durung adus klayaban nang ndalan… bothok-bothoook… murahan lho?)

    Terimalah kasih sayangku sebesar-besarnya kepada yang telah bhuanyuaaak-bhuanyuaaak medukung mengimpisari perjalananku sampai sekarang… “INSYA ALLAH” esok nanti… A – A.

    PonsorSHIPsumarakithakinyis-kinyis
    (Jenis kabulabungangkasa… hajisakusumabinaga).

    H1@#$%ssssst… puter… samsurna… gudhangane… gandhem rasine… arum… jambu… miragelima… paradhalintang… bharata… jaya… wijaya… padhajaya… dwihasmara… nutu… pari… sriwudhari… shubur… lunemongo… gedangkopi… korekipa… pumpo… sumara… awit… jisaka… manggala… tapalaran… super… arifah… mangka… siiyem… njanur… nasionol… tasbih… sukura… supra… akutama… langgeng… purnomo… rojo… elang… tekateki… mas… nabi… jali… gelo… ropatrojiwit! adhohiyong… kenur… kabebagya… nembang… jero… jamil… akueh… menara… paripadha… rukun… potlotmas… gur… cakar… lulunga… bungsurya… kuwi… gurmula… sorry… ghoos… prokuat… semua… semua… semua… go kerteg pinter hinataranasihooonal simbakau…eh sembako eeen syurga tana suci… harabi… tana jiwa… hindinasiya… nusahanatarat… sunah… malayu… hafarika… harupa… harusiya… hindi… hindiya… hindiyana… latina… lanliya-liyana kabah… kanagahadurunaga… katulis… istiwa… hutarasalatuna… miliniyum… iyum… adam adem ayem… kabara… langgenggenggunggunggung… suci… suci… suci… sesuci-sucinya… samuwa-samuwa… sahawak-hawak… kuwabhuweeeh-beh hingarsaning SANG MAHA-MAHA SEMAHA-MAHANYA
    GUSTI HINGKANG HAKARYA JHUUUUUUUUUAAAAAAAAAGUAAAAAAAAATEHERATERATERATERATERATanapawatesan… tik!

    http://ciwabuddha.wordpress.com/2008/09/24/siapakah-t-u-h-a-n-i/

  111. dhanyang semeru on

    assalamuaallaikum

    para sedulur sing podo nganggep bener agama adalah sarana
    bagi mahluk ciptaan allah untuk mencapai keluhuran budi dan ketenangan bathin maka oleh karna itu poro sedulur ojo mong ribut masalah agama, karna itu yang punya urusan adalah gusti allah.
    walaupun bagaimana sampeyan belum tentu benar. maka janganlah perbedaan agama dijadikan polemik , wong rasullulah aja ndak bgt..!

  112. adi janoko on

    Iki critane Prabu Kresno…, kang.!
    Ingkang ksatrian Dwarawati.
    Dworowati iku soko tembung Dzu Waro Wati
    Dzu iku saking asmaul Khomsah , abun akhun hamun wa fu wa dzu …
    Dzu waro iku artine wong sing anduweni akal limpat, wong sing sing cerdas, tur apik.
    wati iku disowani, ditodureni.
    Dadi sing diarani dzu waro wati iku , wong sing anduweni akal limpat tur disowani, dijaluk pandongane.
    Mulo, Dworowati iku disowani Pandowo.
    Pandowo yo Kresno, Kresno yo Pandowo.
    Yo iku sing diarani Kiyai.
    KIyai yo Kresno, Kresno yo kiyai

    Prabu Kresno iku ora nduwe sifat sombong,tur Kumalungkung.
    Ndledek yo ora.
    Ndledek di iyek-iyek wong meneng wae iku dudu sifating Kresno. Gumede yo ora. Kibriya iku dudu sifating manungso. KIbriya iku sifating Gusti kang Moho Kuoso.
    Sifat pemimpin iku, ndledek yo ora, kemaki yo ora.
    Sifating pemimpin iku tengah2. Tawadu tur saling hormat menghormati.

    Mulo, Semar mbangun Kayangan iku ora salah ora doso
    Kapidono cemplung Kawah Condrodimuko dening Sang Hyang Betoro Guru. Pandowo ora salah di cemplungke ning Kawah Condrodimuko. Prabu Kresno munggah Kayangan ngelingke…, Ojo dumeh dadi panguoso, nibakno marang gegono. Wong cilik Salahing sitik dipenjoro, wong gede2 podo ngguyu koyo ngono.Ngajeni bakal ta ajeni, nek kemaki bakal tak jangkai Prabu Kresno malah dikroyok dening poro dewo……..

  113. suryono on

    Sunan KaliJogo itu Wali Allah, kalau anda pangkatnya cuma wali murid atau wali kelas kayaknya ga se-level untuk berkomentar. la ya’riful wali illal wali ( tidak ada yang dapat mengenal identitas kwalian, kecuali wali)

  114. Kyai Seberang Lor on

    Diantara serat, kitab dsb: Tetaplah Al-Quran Al-Karim, Al-Hakim, Al-ADzim dan Al-Majid yg paling komplet dan sempurna. Karena ia adalah wahyu yg langsung dari Alloh melalui JIbril untuk Nabi Muhammad dan semua umat manusia bahkan Jin.
    Serat, Kidung, Syair, Puisi, Buku, Primbon dsb: sanggup tidak mengalahkan Al-qur’an? tak usalah ngalahin, nyamain aja…kalau bisa.
    Makanya pelajari tuh Al-quran sak maknane baik yg tersirat maupun yg tersurat, baru ente belajar “Serat” alias Pusering Aurat.
    Sunan Kalijaga adalah Waliyullah yg dapat menyatukan/mengawinkan Syari’at Islam dan Kebathinan Jowo makanya beliau dimasukkan dalam tataran Wali Songo.
    Untuk Mas Suryono, anda termasuk calon Wali alias Wali Hakim hehehehehehe…..


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: