Iman Kepada Kitab-kitab Allah

Kita mengimani bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menurunkan kepada para Rasul-Nya kitab-kitab sebagai hujjah bagi umat manusia dan sebagai pedoman hidup bagi orang-orang yang mengamalkannya, dengan kitab-kitab itulah para rasul mengajarkan kepada umatnya kebenaran dan membersihkan jiwa mereka dari kemusyrikan. Kita mengimani bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menurunkan kitab kepada setiap rasul, karena Allah Ta’ala telah berfirman:

Sungguh kami telah mengutus rasul-rasul kami dengan membawa bukti-bukti yang nyara dan telah kami turunkan bersama mereka Al-Kitab dan neraca agar manusia melaksanakan keadilan…” (Al-Hadid : 25).
Dari kitab-kitab itu yang kita kenal ialah :

- Taurat, yang diturunkan Allah Ta’ala kepada Nabi Musa, ‘Alaihissalam. Merupakan kitab terpenting bagi Bani Israil. Firman Allah :
Sesungguhnya kami telah menurunkan kitab Taurat yang berisi petunjuk dan nur, dengan kitab itu diputuskan perkara orang-orang yahudi oleh nabi-nabi yang berserah diri, oleh orang-orang alim dan pendeta-pendeta mereka, disebabkan mereka telah diperintahkan untuk memelihara kitab Allah dan mereka menjadi saksi atasnya…” (Al-Ma’idah : 44).

-Injil, diturunkan Allah Ta’ala kepada Nabi Isa, Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sebagai pembenar dan pelengkap Taurat. Firman Allah Ta’ala:
…Dan kami telah memberikan kepadanya Injil yang berisi petunjuk dan nur, dan sebagai pembenar kitab yang sebelumnya yaitu Taurat, serta sebagai petunjuk dan pengajaran bagi orang-orang yang bertaqwa.” (Al-Ma’idah :46).
Dan (aku atang kepadamu) membenarkan Taurat yang datang sebelumku, dan untuk menghalakan bagimu sebagian yang telah diharamkan untukmu…” (Ali ‘Imran :50)

-Zabur, kitab yang diberikan Allah Ta’ala kepada Nabi Daud ‘Alaihissallam.

-Shuhuf (lembaran-lembaran) yang diturunkan kepada Nabi Musa dan Ibrahim ‘Alaihimash-Shalatu wassalam.

-Al-Qur’an-Al-Azhim, kitab yang diturunkan Allah kepda Nabi Muhammad, sebagai penutup para nabi. Firman Allah:
Bulan Ramadhan yang diturunkan padanya (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi umat manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda antara yang haq dan yang batil…” (Al-Baqarah:185).
Dan kami telah turunkan kepadamu kitab (al-Qur’an) ini dengan membawa kebenaran, membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya dan menjadi saksi atasnya…” (Al-Ma’idah :48).
Maka dengan diturunkannya Al-Qur’an, Allah mencabut keberlakuan hukum kitab-kitab yang sebelumnya dan menjamin untuk memeliharanya dari tindakan kejahatan orang yang mau merusaknya dan merubahnya, karena Al-Qur’an akan tetap lestari menjadi bukti yang nyata bagi seluruh makhluk sampai datang hari kiamat nanti. Firman Allah :
Sesungguhnya kami telah menurunkan Adz-Dzikr dan sesungguhnay kami benar-benar menjaganya.” (Al-Hijr :9).

Adapun kitab-kitab yang terdahulu sifatnya adalah sementara, berakhir dengan turunnya kitab lain yang menghapuskan masa keberlakuan hukumnya serta menerangkan penyelewengan dan perubahan yang telah terjadi padanya. Untuk itu maka kitab-kitab tersebut tidak mendapatkan jaminan perlindungan dari Allah sehingga mengalami perubahan, penambahan dan pengurangan, sebagaimana dinyatakan dalam firman Allah :
Yaitu orang-orang yahudi, mereka mengubah kalimat-kalimat (Allah dalam Taurat) dari tempat-tempat yang sebenarnya…” (An-Nisa’:46).
Maka amat celakalah bagi orang-orang yang menulis al-Kitab dengan tangan mereka sendiri kemudian mereka berkata :”Ini berasal dari Allah’ (dengan maksud) mendapatkan keuntungan yang sedikit dari perbuatan itu. Maka amat celakalah bagi mereka. Karena apa yang mereka tulis oleh tangan mereka, akibat apa yang mereka kerjakan.” (Al-Baqarah :79).
…Katakanlah: ‘Siapakah yang menurunkan Kitab (Taurat) yang dibawa oleh musa sebagai cahaya dan petujuk bagi manusia? Kamu jadikan kitab itu lembaran-lembaran akertas yang cerai-berai, kamu perlihatkan sebaginnya dan kamu sembunyikan sebagian besarnya…” (Al-An’am:91).

About these ads

No comments yet

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: