Air Tergenang dan Dicium Suami

Pertanyaan : Di desa kami ada sebuah masjid jami’ serta sebuah kolam tempat berwudhu yang airnya tergenang selama 5 bulan atau lebih sehingga warna dan rasanya berubah. Dengannya orang berwudhu setiap kali shalat, maka sahkah wudhunya ? Jawaban :
Berwudhu dengan air tersebut tidak jadi masalah selama dilakukan di luar kolam dan tidak dijadikan tempat mandi walau airnya tergenang hingga berubah sifatnya selama belum terkena najis atau dipakai mandi judub, karena Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wa sallam melarang agar kita tidak mandi junub di air yang tergenang.

Pertanyaan : Aku selalu dicium suami ketika keluar rumah atau pergi ke masjid dan terkadang ciuman itu terasa penuh birahi, maka bagaimana hukum wudhunya ?

Jawaban :
Diberitakan dari Aisyah ra. bahwa Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wa sallam mencium beberapa istrinya lalu pergi shalat tanpa wudhu kembali. Dalam masalah ini para ulama silang pendapat. Sebagian mengatakan wudhu batal karenanya dengan birahi atau tidak. Sebagian lainnya menganggap batal jika menciumnya dengan birahi dan tidak batal jika sebaliknya. Pendapat yang mengatakan tidak batal itulah pendapat yang paling kuat, yakni suami yang mencium isterinya atau menyentuh tangannya atau merangkul tanpa keluar mani atau berhadats, maka wudhunya tidak batal baik bagi suaminya maupun isterinya sebab bagi prinsipnya wudhu tetap pada hukum asalnya sehingga ada dalil yang membatalkannya. Juga dari Kitabullah dan Sunnah Rasululllah tidak ada dalil yang menerangkan bahwa menyentuh isteri membatalkan wudhu. Dengan demikian menyentuh isteri, menciumnya atau merangkulnya langsung penuh dengan birahi tidaklah membatalkan wudhu. Allahlah yang Maha Tahu dalam masalah ini.

(Sumber: 257 Tanya Jawab Fatwa-Fatwa Al-‘Utsaimin; Hal. 17 dan 20)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: